Tidak terasa ya Moms, sebentar lagi kita akan berpisah dengan bulan Desember dan berjumpa dengan wajah baru di tahun 2018. Banyak orang mengambil cuti panjang di akhir tahun untuk menghabiskan waktu bersama keluarganya, ada yang sengaja pulang kampung, liburan ke luar negeri ada juga yang berwisata di dalam negeri saja. Apapun pilihan liburan Moms & Dadds, pastikan sudah tersusun dengan baik, terutama perlengkapan si kecil. Jangan sampai liburan akhir tahun Anda berantakan karena si kecil rewel. Moms, ini adalah tips dan trik yang saya terapkan saat akan bepergian dan berwisata bersama si kecil agar ia tidak rewel. Ketahui penyebab si kecil rewel, umumnya penyebab si kecil rewel itu ada tiga ya Moms, diantaranya yaitu:

1. SAAT SI KECIL MERASA TIDAK NYAMAN
Rasa tidak nyaman ini bisa muncul karena ia merasa kegerahan, kepanasan, kedinginan, ingin buang air atau diaper sudah terlalu penuh. Bisa juga karena lingkungan yang tidak mendukung untuk si kecil, berasap, kotor dan terlalu ramai. Perhatikan betul signal yang diberikan si kecil saat ia merasa tidak nyaman. Solusinya, Moms bisa mengajaknya berpindah melihat pemandangan lain disudut tempat yang berbeda, atau mengajaknya ngobrol dan bercanda untuk mengalihkan rasa tidak nyamannya.


 
2. SI KECIL KELELAHAN
Kelelahan karena bermain atau berwisata bisa menjadi penyebab si kecil rewel. Moms bisa mengajaknya beristirahat atau tidur untuk mengembalikan moodnya. Selain itu, dengan beristirahat juga dapat menjaga kondisi si kecil tetap fit selama berlibur, terutama untuk Moms yang melakukan perjalan wisata berhari-hari, pastikan untuk menyisipkan waktu beristirahat pada itinerary liburan Anda. Solusi lainnya, Moms bisa mengajak si kecil tidur saat didalam kendaraan selama di perjalanan dari satu objek wisata ke objek wisata lainnya. Kondisi seperti ini berbeda-beda pada setiap anak, ada anak yang tidak bisa tidur didalam kendaraan, hal tersebut dapat menyebabkannya pusing dan mabuk perjalanan. Ada juga anak yang nyaman dan nyenyak tidur dalam kendaraan selama perjalanan.
 
3. SI KECIL MERASA LAPAR
Saya selalu memastikan Nafeesa dalam kondisi perut terisi sebelum melakukan perjalanan. Moms dapat memberikan makanan berat dan makanan kecil bergantian. Pengalaman saya saat melakukan traveling dengan perjalanan cukup jauh dan target objek wisata lebih dari satu dalam satu hari yakni:



Pagi hari saya pastikan Nafeesa sudah sarapan untuk menghindari masuk angin. Selama diperjalanan, saya juga sempatkan memberinya snack dan cukup mengonsumsi air mineral. Saya juga mengajaknya beristirahat atau tidur daripada melakukan kegiatan di dalam kendaraan. Sehingga saat sampai di obek wisata pertama, Nafeesa sudah cukup kenyang dan fresh, dia bisa happy dan semangat eksplore lingkungan barunya. Lanjut perjalanan, saya lakukan hal sama, memastikan Nafeesa cukup minum air mineral dan memberikannya makanan ringan, tidak melewatkan waktu makan siang dan makan malamnya merupakan hal penting yang wajib kita taati sebagai orangtua.



Moms, itulah beberapa hal yang selalu saya perhatikan dan lakukan pada anak dan suami saat akan melakukan perjalanan wisata, agar liburan benar-benar dapat dinikmati dan berlalu dengan seru dan menyenangkan. Semoga bermanfaat.