1. Pisang Lumat

Menu ini sudah ada sejak zaman dahulu kala. Kalau sering mendengar berita bayi yang MPASI dini, biasanya orangtuanya memberinya menu pisang lumat ini. Namun jika Moms memberi menu ini pada si kecil yang memang sudah masuk usia makan, tentu boleh-boleh saja, Moms. Bahkan membuatnya pun sangat praktis dan mudah.

source: http://m.momdadi.com/berita-845-pisang-hingga-alpukat-menu-pertama-mpasi-bayi

Cara membuat pisang lumat ini sangat mudah, Moms. Moms hanya perlu menyiapkan satu buah pisang dan sendok untuk melumatkan pisang. Kupas satu sisi kulit buah pisang, lalu kerok pelan menggunakan sendok. Jadi deh, pisang lumat yang pasti disuka si kecil.

2. Puree Alpukat Susu

Alpukat adalah jenis buah yang banyak mengandung lemak nabati. Selain itu, alpukat juga bertekstur lembut sehingga mudah ditelan si kecil yang baru saja memulai MPASI perdana.

source: https://intanrastini.wordpress.com/2013/11/26/latihan-bikin-mpasi-puree-alpukat/

Moms bisa membelah alpukat menjadi dua, lalu mengeluarkan isinya dengan dikerok menggunakan sendok. Jangan terlalu dalam mengeroknya Moms, karena bagian dalam buah alpukat rasanya pahit. Setelah itu, haluskan alpukat dengan menggunakan punggung sendok. Moms juga bisa mencampurkan puree alpukat ini dengan beberapa tetes ASIP agar, si kecil lebih familiar dengan rasanya.

baca juga

3. Puree Apel Pir

Buah apel dan pir kaya akan vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh si kecil. Jadi, jangan ragu menyajikan perpaduan dua buah ini untuk MPASI perdana si, kecil ya, Moms.

source: http://balitasukamakan.blogspot.co.id/2014/10/resep-puree-apel-wortel.html

Sebelum membuat puree apel pir, terlebih dahulu Moms harus mengukusnya, karena dua buah ini cenderung agak keras sehingga sulit dicerna bayi. Setelah dikukus sampai lunak, haluskan dengan saringan kawat. Jadi deh, puree apel pir yang pasti disukai bayi.

4. Puree Labu Kuning

Labu kuning pada dasarnya memiliki rasa manis yang tentunya disukai si kecil. Selain itu, tekstur dari labu kuning juga sangat lembut sehingga memudahkan si kecil untuk menelannya. Labu kuning mengandung berbagai vitamin dan mineral yang berguna untuk kesehatan si kecil.

source: http://clairedunchen.blogspot.co.id/2014/04/tomato-and-pumpkin-puree-ala-pureeland.html

Cara membuat puree labu kuning hampir sama dengan membuat puree apel atau pir. Moms harus mengukusnya dulu sampai lunak. Setelah itu, baru dihaluskan dengan saringan kawat. Si kecil pasti suka dengan rasa manis dan tekstur lembutnya, Moms.

baca juga

5. Jus Buah Naga

Buah naga kaya vitamin C dan antioksidan untuk menjaga daya tahan tubuh si kecil. Selain itu, buah naga juga bermanfaat untuk melancarkan pencernaan si kecil sehingga membuatnya terhindar dari sembelit.

source: https://cookpad.com/id/resep/2469808-jus-buah-naga-campur-mpasi-8bulan

Untuk mengolah buah naga, Moms tidak perlu mengukusnya terlebih dahulu karena teksturnya sudah cukup lembut, bahkan mudah hancur. Moms hanya perlu menghaluskannya saja dengan saringan kawat. Rasanya yang manis sedikit asam pasti disukai si kecil deh, Moms.

6. Sari Jeruk Baby

Buah jeruk baby kaya vitamin C yang berguna untuk menjaga kebugaran si kecil. Moms bisa mengolah buah jeruk baby menjadi minuman segar yang disukai si kecil.

source: https://cookpad.com/id/resep/815153-mpasi-sari-buah-jeruk

Membuat sari jeruk baby sangat mudah, Moms. Tentu saja Moms harus memilih jeruk baby yang cukup manis sehingga si kecil tidak terganggu dengan rasa asamnya. Setelah itu, belah jeruk baby dan menjadi dua, lalu peras airnya menggunakan squeezer. Dijamin si kecil suka dengan kesegarannya.

Nah, mudah sekali bukan membuatnya Moms? Selain mudah, tentunya buah-buahan ini juga kaya manfaat untuk pertumbuhan si kecil. Semoga si kecil selalu sehat ya, Moms. Dan Mommies pun selalu semangat menyiapkan makanan untuk si kecil.