Obesitas atau kegemukan tidak hanya menyerang orang dewasa, anak-anak pun dapat mengalami obesitas. Penyebab anak obesitas salah satunya karena gaya hidup yang salah. Bahkan di Amerika Serikat, sepertiga anak mengalami obesitas. Sedangkan di Indonesia sendiri, lebih dari 10% anak mengalami obesitas.

Alih-alih ingin agar anak terlihat sehat, justru membuat anak mengalami obesitas atau kelebihan berat badan. Bukannya sehat, malah dapat membahayakan kesehatan anak. Karena itu, pentingnya para orangtua mengetahui penyebab obestitas pada anak untuk menghindari Si Kecil dari berbagai penyakit.

Obesitas pada anak dapat menimbulkan risiko penyakit serius, seperti hipertensi atau darah tinggi, sleep apnea, masalah pernafasan, masalah postur dan perkembangan tulang ekstremitas, sistem reproduksi dan masih banyak lagi. Untuk mencegah sang buah hati mengalami penyakit itu, pentingnya para orangtua mengetahui penyebab anak obesitas, seperti:



 

1. Mengonsumsi Makanan Tidak Sehat


Hampir sekitar 80% penyebab anak obesitas karena mengonsumsi makanan tidak sehat, seperti junkfood, makanan manis dan juga minuman bersoda. Makanan-makanan tersebut tentu digemari anak-anak karena rasanya yang lezat, sangat berbeda dengan makanan sehat layaknya sayuran. Besarnya kalori yang terdapat pada makanan tersebut menyebabkan anak mengalami kelebihan berat badan yang berakhir pada obesitas.

source: http://www.acibademinternational.com/obesity-causes-kids-to-loose-their-self-confidence/


 

baca juga

2. Kurang Bergerak


Karena sejak kecil, anak sudah terbiasa melakukan berbagai macam kegiatan di rumah seperti menonton televisi atau bermain games akan membuat ia menjadi malas bergerak atau melakukan aktivitas fisik di luar rumah, seperti bermain bola atau bersepeda. Kondisi tersebut menjadi pemicu kenaikan berat badan pada anak.

source: http://www.twindoctorstv.com/obese-kids-gut-germs/


 

3. Kurang Istirahat


Anak tidak mendapatkan istirahat yang cukup tidak hanya berdampak buruk pada kesehatan anak dan mengganggu aktivitasnya, tetapi juga dapat membuat Si Kecil kelebihan berat badan.

source: http://coach.nine.com.au/2015/02/17/10/46/sleepdeprived-parents-more-likely-to-have-fat-kids


 

baca juga

4. Faktor Genetik


Faktor genetik disebut-sebut juga menjadi salah satu penyebab anak obesitas. Jika Ayah atau Ibu anak mengalami obesitas, maka  anak mengalami obesitas juga cenderung besar. Oleh karena itu, Ibu yang mengalami obesitas harus lebih berhati-hati menjaga pola hidup sejak janin masih berada di dalam kandungan.

source: https://theflyingguillotine.wordpress.com/tag/fat-americans/