Memang bukan lagi kali pertama, namun coba ingat-ingat lagi, apakah Moms suka bingung ketika mau menjenguk sahabat yang baru melahirkan? Di satu sisi kita ingin memberikan hadiah yang istimewa dan berkesan. Namun, tahu-tahu ada kendala lain yang membuat kita berpikir ulang. Entah harga kado idaman yang selangit, tak sempat belanja langsung di tempat yang oke, atau ternyata sahabat sudah terlanjur memiliki barang tersebut.
 
Saya pribadi, sering berusaha berpikir "out of the box" untuk menghadiahi sahabat yang jadi ibu baru. Satu hal yang saya tanamkan, saya bertanya pada diri sendiri, “Kalau saya yang melahirkan, maunya diberi hadiah apa ya?”

 

Biasanya, saya mengambil keputusan untuk menghadiahi si ibu secara spesial. Yah, ini yang sering terlupakan, ya! Orang-orang akan berfokus membanjiri perhatian kepada sang bayi. Padahal, ada si ibu yang juga butuh apresiasi, lo!
 
Inilah 7 ide hadiah untuk ibu yang baru melahirkan versi saya. Demi wajah gembira, walaupun telah lelah menjalani persalinan.
 
1. Baju menyusui
Begitu berganti status menjadi ibu menyusui, biasanya isi lemari ibu baru berubah drastis. Ia akan menggunakan busana yang memudahkan pekerjaan barunya, menyusui Si Kecil. Namun, mengubah isi lemari tentu butuh waktu dan proses. Pasalnya, harga busana menyusui yang nyaman biasanya cukup mahal, apalagi membelinya tak cukup satu dua potong saja. Anda dapat memberikannya sebagai kado. Tidak melulu harus berupa atasan. Anda bisa memberikan busana formal atau bahkan dalaman seperti tanktop.
 
2. “Booster” untuk Air Susu Ibu (ASI)
Dukungan menyusui wajib mengalir dari sekeliling sang ibu baru. Sebagai sahabat, tunjukkan dukungan Anda dengan memberikan ASI booster kepadanya. Kini, telah banyak produk ASI booster hadir di pasaran.

Tidak melulu berupa suplemen, Anda dapat memilih produk makanan dan minuman yang mengandung zat pemicu produksi ASI, misalnya susu almond, susu kedelai, cokelat, dan teh. Setidaknya, ASI booster yang jadi hadiah dari Anda membuat dirinya merasa disemangati dan mendapat suntikan motivasi dari orang-orang kesayangannya.
 
3. Voucher belanja
Jika Anda punya beberapa rekan yang bisa diajak “patungan”, kumpulkan uang hingga mencapai jumlah cukup besar. Belikan sejumlah voucher belanja untuk hadiah. Pilih “vendor” yang memilliki banyak gerai dan merek, sehingga sahabat Anda mudah membelanjakannya. Pilihan yang paling populer jatuh ke voucher pasar swalayan dan perlengkapan ibu-anak.
 
4. Makanan favorit
Ini yang bisa membuat bunga-bunga seperti tumbuh di kamar perawatan. Bayangkan menu rumah sakit yang tak menggugah selera. Belum lagi mungkin orang tua atau mertua yang menyajikan “menu serba hijau". Ibu baru bisa bergidik setiap membuka tudung saji. Datangkan hidangan favoritnya, buat ia merasa terkejut dalam artian positif. Hati yang gembira akan memperlancar produksi ASI dan proses menyusuinya juga, lo!
 
5. Kartu "milestone" bayi
Saya sempat melihat harga paket kartu “milestone” yang dijual di “online shop”. Ternyata, lumayan mahal, ya! Padahal, Moms, kita bisa membuatnya sendiri.

Tak perlu pusing menggunakan aplikasi desain grafis yang rumit. Sekarang sudah banyak aplikasi editing dan desain yang lebih “user friendly”. Andalan saya, salah satunya, yaitu aplikasi Canva. Sudah tersedia aneka “template” keren yang siap pakai. Anda dapat berkreasi dengan aneka pilihan “font” dan ikon lucu-lucu. Bisa juga menambahkan gambar (ambil dari situs bebas hak cipta ya!). Tinggal cetak di “digital printing” yang harganya jauh lebih terjangkau. Plusnya lagi, Anda bisa membuatnya “customized” sesuai selera si ibu, asyik kan?
 
6. Unduhan berbagai judul serial favoritnya
Amunisi penting untuk menemani begadang menyusui dan memerah ASI : serial favorit! Bisa drama Korea, Hollywood, atau mungkin serial “jadul” yang masih melekat di hati. Unduh serial-serial tersebut, simpan dalam sebuah penyimpanan khusus yang mudah dipindahkan oleh sahabat Anda ke laptop atau ponselnya. Percayalah, ia akan sangat berterima kasih. Anda bisa saja menyelamatkannya dari ancaman “baby blues”!
 
7. Paket pijat dan spa pasca melahirkan
Anda tidak sempat menjenguk ke rumah sakit? Tak jadi masalah. Datanglah ke rumahnya bersama pesanan paket pasca melahirkan dari “mobile spa” atau “home spa”.

Sementara sahabat Anda memanjakan diri, dipijat dan dirawat kecantikannya, bantulah ia menunggui bayi dan membereskan rumah. Bisa juga Anda memasakkan untuknya, hidangan lezat sebagai penyambut dirinya yang lebih segar. Harinya akan berakhir indah dengan hadiah kejutan ini.
 
 
Kembali lagi, bukan harga dan kemewahan hadiah yang menjadi penentu. Perhatian tulus kita, inilah yang begitu didambakan oleh setiap ibu melahirkan. Kita sama-sama tahu rasanya memasuki bab baru ini, penuh cucuran keringat dan air mata. Namun, bukan berarti tak ada kesempatan meraih bahagia. Termasuk dari sebuah hadiah yang dipersembahkan dengan segenap perasaan. Jadi, sudah tahu hadiah apa yang akan Anda pilih, Moms?
 

 

photos from pexels.com and pixabay.com