Obesitas pada anak dapat menimbulkan risiko penyakit serius, seperti hipertensi atau darah tinggi, sleep apnea, masalah pernafasan, masalah postur dan perkembangan tulang ekstremitas, sistem reproduksi dan masih banyak lagi. Faktor utama anak mengalami obesitas karena pola hidup yang sehat, seperti banyak mengonsumsi makanan cepat saji atau junk food serta kurangnya anak melakukan aktivitas fisik atau kurang bergerak.

Anak yang mengalami obesitas sejak dini, berisiko akan mengalami hal serupa saat dewasa. Lalu, bagaimana cara mengatasi anak obesitas? Berikut caranya:
 

1. Membatasi Asupan Makanan Tidak Sehat

Cara mengatasi anak obesitas yang satu ini memang terbilang cukup sulit dilakukan, karena banyak orangtua yang merasa tidak tega saat melihat Si Kecil meminta makanan cepat saji atau junkfood. Tapi demi kebaikannya, Ibu harus dapat menahan atau dapat memberikan camilan sehat yang Ibu buat sendiri.

source: http://www.clinicaladvisor.com/old-pediatrics-resource-center/understanding-childhood-obesity/article/217094/


 

baca juga

2. Perbanyak Makanan Kaya Serat

Memang sulit membuat anak menyukai buah dan sayuran, terlebih bagi mereka yang tidak dikenalkan sejak dini. Namun, ada berbagai cara yang dapat Ibu lakukan, seperti memberikan jus buah segar atau memvariasikan makanan dengan sayur, seperti mencampurkan sayuran pada steak atau burger yang Ibu buat sendiri tentunya.

source: https://id.pinterest.com/pin/541839398894916600/


 

3. Batasi Si Kecil Mengonsumsi Makanan Manis

Makanan manis yang kaya akan lemak menjadi faktor utama naiknya berat badan anak sehingga menyebabkan obesitas. Oleh karena itu, mulailah untuk membatasi Si Kecil mengonsumsi makanan manis dengan membuat camilan sehat yang low sugar.

source: http://www.huffingtonpost.com/2013/12/11/hispanic-parents-stress_n_4428537.html


 

baca juga

4. Mengurangi Asupan Minuman Bergula

Minuman manis memang sangat digemari oleh anak-anak. Padahal minuman tersebut terbukti dapat menyebabkan anak mengalami kelebihan berat badan dengan cepat. Ibu bisa mengantinya dengan memberikan jus atau smoothie lezat.

source: http://www.syracuse.com/health/index.ssf/2015/04/obesity_database.html


 

5. Ajak Si Kecil Bermain

Melakukan aktivitas fisik terbukti dapat membantu menurunkan berat badan. Ibu dan Ayah dapat mengajak Si Kecil bermain sepeda setiap sore di taman dekat rumah atau hanya sekedar bermain lempar tangkap bola.

source: http://www.indiatimes.com/health/healthyliving/indian-kids-are-turning-obese-at-an-alarming-rate-national-childhood-obesity-week-240237.html

Itulah beberapa cara mengatasi anak obesitas yang dapat Ibu dan Ayah lakukan di rumah. Mudah bukan? Semoga bermanfaat!