Artikel ini merupakan lanjutan dari artikel ini.
Hal-hal lain yang dapat kita lakukan untuk membaca apakah anak kita merasa bahagia atau tidak adalah sebagai berikut:

Bersenang-senang Bersama Anak
Meskipun mainan yang banyak dan makan es krim setiap saat terlihat seperti impian setiap anak, hal yang sesungguhnya membuat mereka bahagia justru datang dari hal yang lebih sederhana yaitu anda. Anda adalah kunci pertama yang diperlukan untuk membuat anak anda merasa bahagia. Main dan terhubung secara emosi dengan anak adalah hal termudah yang bisa kita lakukan untuk membuat anak merasa bahagia.



Bermain tidak hanya akan membuat anak merasa senang, tapi juga bisa menjadi ajang anak untuk melatih kemampuan dirinya dalam menciptakan kebahagiaannya di masa depan. Permainan yang tidak terstruktur seperti membangun gedung dari blok, dokter-dokteran, masak-masakan dapat membantu anak menemukan permainan apa yang ia sukai. Permainan-permainan tersebut bisa menemukenali minat anak yang akan dia dalami di masa depan.

Biarkan Mereka Mandiri
Sebagian orang tua berpikir bahwa membuat anak merasa bahagia dapat dilakukan dengan menyediakan kebutuhannya dari A sampai Z. Menurut seorang Psikolog Anak bernama Carrie Masia-Warner, membuat anak merasa mudah dan bahagia sepanjang waktu adalah tindakan yang tidak realistis. Jadi ketika anak merasa kesulitan jangan selalu terjun membantu kesulitan anak tersebut, biarkan ia memecahkan masalahnya sendiri.



Belajar menghadapi kesulitan sejak dini adalah kemampuan krusial yang harus dimiliki seorang anak dalam bertahan hidup di masa depan. Hal ini bukan berarti anak tidak boleh meminta saran ketia ia membutuhkannya, tapi lebih pada peran kita sebagai orang tua adalah untuk membantu menujukan solusi kesulitan yang ia hadapi, bukan menyediakan solusi tersebut. Seorang anak yang berhasil mengembangkan kemandirian dan rasa percaya diri dalam dirinya dipercaya akan merasa bahagia dengan dirinya sendiri.

Izinkan Mereka Merasa Sedih dan Marah

Ketika anak kita terlihat murung dalam sebuah pesta ulang tahun temannya, langkah umum yang biasa diambil para orang tua adalah membujuk anaknya untuk ikut menikmati pesta ulang tahun temannya tersebut. Padahal anak juga butuh mengatahui bahwa merasa tidak bahagia adalah sesuatu yang wajar untuk dirasakan dan itu lah bagian dari menjalani kehidupan. Biarkan anak menjelajah perasaannya sendiri termasuk kemarahan dan kesedihan.

Dorong anak untuk memberi nama pada perasaan yang mereka rasakan, dengan begitu dia akan belajar mengungkapkan apa yang ia rasakan secara verbal.


Artikel disadur dari sini