Musim hujan sudah mulai terasa ya Moms, hampir setiap hari Jakarta diguyur hujan. Selain harus  pintar menjaga stamina tubuh, menjaga pola hidup dan menjaga kebersihan rumah serta lingkungan sekitar rumah. Pada musim hujan, bibit penyakit cenderung mudah menyerang, salah satunya yaitu serangan nyamuk. Kita tidak pernah tau apakah itu gigitan nyamuk biasa atau nyamuk penyebab demam berdarah. Oleh sebab itu, mencegah lebih baik daripada mengobati sehingga perlu adanya gerakan sadar kebersihan saat musim hujan seperti ini.



Terutama untuk kita yang memiliki bayi dan balita, selain membahayakan, hal kecil yang membuat kesal dari gigitan nyamuk adalah mengganggu tidurnya. Setelah bersusah payah membuatnya tertidur lelap, baru ditinggal sebentar sudah bangun karena gigitan nyamuk. Daripada ngomel-ngomel dan kesel sendiri, yuk simak tips mengusir nyamuk nakal yang saya lakukan di rumah:

Obat nyamuk baik itu dalam bentuk padat bakar, cair, maupun elektrik sangat saya hindari karena baud an kandungan kimia yang tidak baik untuk kesehatan si kecil. Saya lebih memilih raket nyamuk, ya butuh gerak sedikit lah ya Moms buat ngejerin nyamuknya di dalam rumah hehe, itung-itung olahraga deh..



Menghindari pakaian gelap. Nyamuk cenderung menyukai warna gelap, menghindari si kecil mengenakan pakaian gelap. Sebaiknya si kecil memakai pakaian lengan panjang dan celana panjang.

Menghindari barang yang menumpuk di rumah. Sebaiknya Moms filter kembali barang yang sering digunakan sehari-hari dengan barang yang jarang digunakan atau bahkan sudahtidak digunakan kembali untuk menghindari nyamuk bersarang. Moms bisa membersihkannya, membuang atau menjual kembali barang yang tidak digunakan namun masih bagus.



Hindari pakaian yang digantung. Nyamuk juga nampaknya menyukai kain, baju, handuk dan barang lain yang digantung.

Terakhir, seperti anjuran pemerintah yaitu melakukan 3M, Menguras, mengubur dan Menutup bak mandi, saluran pembuangan dan pembuangan sampah. Pastikan semua lingkungan sekitar rumah bersih dan terbebas dari jentik nyamuk.