1) Karbohidrat yang Cukup

Pastikan makanan yang dikonsumsi si kecil setiap hari mengandung cukup karbohidrat yah! Karbohidrat bermanfaat untuk memberikan energi bagi si kecil untuk beraktivitas sehari-hari. Adapun sumber karbohidrat yaitu nasi putih, nasi merah, pasta, roti, gandum, kentang, ubi sebagainya. Untuk porsinya, sesuaikan dengan besaran kepalan tangan anak.

source: http://halosehat.com/gizi-nutrisi/panduan-gizi/26-makanan-yang-mengandung-karbohidrat-tinggi


 

baca juga

2) Kaya Akan Protein

Protein bermanfaat sebagai zat pembangun dan mengganti sel-sel tubuh yang rusak. Jenis protein ada 2 macam yaitu protein hewani dan nabati. Pastikan kedua jenis protein ini ada di piring makan si kecil ya. Protein hewani sumbernya dari daging, ikan, telur, udah, kepiting, dan sebagainya. Sementara protein nabati berasal dari kacang-kacangan, tahu, tempe, juga almond. Porsi protein untuk anak adalah seukuran dengan telapak tangannya.

source: https://readsolution.blogspot.co.id/2016/11/10-makanan-yang-kaya-akan-protein.html?m=0


 

3) Mengandung Lemak yang Baik

Sama halnya dengan karbohidrat, lemak bermanfaat sebagai sumber tenaga untuk anak. Sumber lemak dapat diambil dari susu dan produk turunannya seperti keju dan yogurt.

source: http://wsimag.com/wellness/18969-allergic-to-dairy-and-eggs


 

baca juga

4) Perhatikan Kebutuhan Vitamin dan Mineralnya!

Kalau Si Kecil mudah lelah, lemas dan kurang tenaga, maka kemungkinan ia kekurangan vitamin dan mineral. Agar Si Kecil kesayanganmu tidak pernah mengalami hal ini, pastikan ia mengonsumsi makanan yang kaya vitamin dan mineral setiap hari. Sumber vitamin berasal dari buah-buahan seperti jeruk, apel, mangga, anggur, melon, juga semangka, sedangkan mineral lebih banyak terdapat dalam sayur-sayuran seperti bayam, brokoli, kangkung, kale. Untuk takarannya, sebesar kepalan tangan anak.

source: http://blog.zisboombah.com/2011/04/22/fruit-and-veggies-kids-can-eat-rainbows/


 

5) Batasi Jumlah Gula dan Garam

Makanan bergizi seimbang juga berkaitan erat dengan jumlah gula dan garam yang dikonsumsi Si Kecil setiap hari. Biasanya, gula tambahan dan garam sudah mulai dikenal Si Kecil ketika berusia di atas 1 tahun, di mana ia sudah bisa mengonsumsi makanan keluarga. Agar asupan gula dan garam tidak berlebihan, maka pandai-pandailah membatasinya ya, ladies. Berikan gula tambahan untuk anak kurang dari 6 sdt setiap hari. Sementara untuk garam, hanya boleh dikonsumsi 2-3 gram setiap hari.

source: http://www.healthyfoodhouse.com/you-must-eat-a-little-mixed-salt-and-sugar-before-going-to-bed-here-is-why/


 

6) Cukupi Kebutuhan Cairannya

Selanjutnya adalah perhatikan asupan cairan si kecil. Usahakan ia mengonsumsi cairan 6 gelas dalam sehari ya, ladies! Selain air putih, sumber cairan juga bisa dari jus buah, susu dan sebagainya.

source: http://southdaviskids.com/can-fruit-juice-really-damage-your-kids-teeth/

Itu dia tips makanan bergizi seimbang untuk anak. Semoga informasi ini bermanfaat yah!