Holaa moms, pernah ngalamin saat anak mom menolak jika diberi nenen ? Nah kebetulan 2 minggu kemarin Azka pun ngalamin ini. Penolakan untuk nyusu/mogok nyusu biasanya dikenal dengan sebutan " Nursing Strike".

Nursing strike pada anak biasanya berlangsung 2-4hari. Anak akan memberi penolakan seperti menangis jika diberi nenen. Tentunya mom akan bingung bukan jika mengalami hal seperti ini. Awalnya saya pun bingung sampai mikir "masa sih Azka harus di sapih" karena 3 hari dia nursing strike. Saya pun tidak kenal lelah untuk mencoba terus untuk menyusuinya.



Banyak hal yang dapat anak mengalami nursing strike, diantaranya :
-bayi/anak merasakan sakit diarea mulut & tenggorokanya. Bisa disebabkan karena merasakan tidak nyaman diarea mulut karena akan tumbuh gigi ataupun infeksi telinga karena menyebabkan sakit ketika bayi/anak menyusu.
-stok asi moms sudah berkurang sedangkan makin besar bayi/anak lambung mereka akan semakin besar untuk menampung asi.
-bayi/anak merasakan bau badan ibunya yang tidak enak pun bisa membuatnya mogok nyusu.
-payudara moms mengalami mastitis bisa menjadi faktor bayi/anak mengalami nursing strike karena infeksi payudara. Tingkat sodium yang tinggi menyebabkan asi cenderung lebih asin.
-stress, bayi/anak bisa mengalami stress dengan berbagai kondisinya. Bisa karena faktor kelelahan, faktor suasana baru, atau juga bisa efek reaksi mom yang berlebihan bila digigit putingnya oleh bayi/anak.


Apa sih yang dilakukan bila anak mom mengalami nursing strike ? bu'az punya tips untuk menghadapi anak yang mengalami nursing strike. Cekidot yaa mom.

1. Gunakan trik Skin-To-Skin
Dekaplah bayi/anak anda dengan keadaan keduanya (mom & bayi/anak) tidak memakai baju atau bisa juga mandi bareng dengan bayi/anak mom.

2. Sabar
Janganlah mom terpancing dengan mogok nyusunya anak. Mom harus coba terus tapi tidak memaksakan. Harus tau moment anak sedang haus seperti mengemut tangannya dan ketia dia mulai ngantuk segera susuilah secara perlahan.

3. Jangan Berikan Dot/Susu Botol
Kadang kita akan cemas karena anak akan rewel saat dia mogok nyusu. Tapi mom janganlah sekali-sekali memberikan dot/botol susu. Hal tersebut akan menjadikan anak terbiasa dan tidak kenal asi ibunya dan akhirnya tidak mau asi lagi.

4. Cobalah Atur Posisi yang Nyaman
Susuilah anak mom ditempat yang nyaman. Tidak berisik, udaranya tidak panas, atau duduklah ditaman/dikursi goyang untuk membuat anak mom nyaman.

Silahkan dicoba tips & triknya ya mom, bu'az mengshare apa yang bu'az jalani. Dan alhamdulilah sekarang Azka udah balik lagi mau nyusu. Suatu kebahagiaan besar bukan jika anak disusui sampai level S3 (asi sampai 2 tahun). Mudah-mudahan apa yang bu'az sampaikan ditulisan ini ada manfaatnya ya mom.

Semoga bermanfaat 😊