Mengangkat Barang Berat

Saat sedang berada di rumah, banyak sekali beragam aktivitas yang memerlukan energi eksyta untuk mengangkat barang berat. Seperti misalnya saat harus memindahkan tabung gas, mengangkat galon air, atau bahkan memindahkan kardus-kardus. Selain itu, kamu juga perlu lebih waspada terhadap pekerjaan lain tanpa disadari akan membuat kamu perlu mengangkat barang berat seperti halnya menyapu lantai. Saat menyapu, tanpa disadari kamu akan mengangkat beberapa barang berat seperti kursi atau bahkan meja. Pekerjaan mengangkat beban berat saat hamil dapat mengakibatkan cedera punggung atau bahkan kontraksi sebelum saatnya sehingga memicu keguguran atau bayi terlahir prematur.
 

source: https://www.gebe.com/


 


Mengepel Lantai

Mengepel lantai memang sekilas terlihat tidak berbahaya. Kamu hanya perlu membersihkan tiap sudut lantai dengan kain pel yang sudah diberi sabun pembersih. Pada kenyataannya, pekerjaan ini sangatlah berisiko sebab dapat membuat ibu hamil tergelincir dan terjatuh. Tidak hanya itu, posisi tubuh yang condong dalam waktu tertentu dapat menyebabkan nyeri pada area bagian pinggul dan risiko peradangan pada saraf siatik.
 

source: http://www.thehealthsite.com/


 

baca juga


Membersihkan Sampah atau Kandang Hewan

Selama hamil, tugaskanlah orang lain untuk mengurus kandang peliharaanmu dan membuang sampah. Kedua tempat itu berisiko membuat ibu hamil terjangkit toksoplasma. Kondisi ini sangat mengancam keselamatan ibu dan bayi dalam kandungan sebab infeksi penyakit ini berbahaya dapat menyebabkan kerusakan pada sistem saraf dan otak janin dalam kandungan.
 

source: https://imgur.com/


 


Pekerjaan Rumah Yang Berhubungan Dengan Bahan Kimia

Terakhir, hindari melakukan pekerjaan rumah yang menggunakan pembersih atau obat-obatan berbahan kimia. Misalnya adalah mengecat, menyemprotkan obat serangga, hingga membersihkan kamar mandi dengan pembersih yang keras. Pembersih dan obat-obatan berbahan kimia tersebut dapat menguap dan terhirup oleh ibu hamil. Hal ini dapat berdampak buruk pada kandungan serta kesehatan janin itu sendiri. 
 

source: https://www.babycenter.com/


Nah, itulah beberapa pekerjaan rumah yang harus kamu hindari selama masa kehamilan. Cobalah untuk melakukan aktivitas yang lebih ringan dan aman. Ingat, kesehatan ibu dan janin merupakan prioritas utama di masa kehamilan.