Halo moms! Di antara moms tentu ada yang bertanya-tanya, normalkah pertumbuhan anak saya? Apakah stimulasi yang saya berikan sudah cukup untuk memenuhi perkembangan si buah hati? Dan pertanyaan lain yang muncul di benak moms ketika mengamati sang anak. Sesungguhnya hal tersebut wajar saja moms. Nah, untuk sekedar membayar rasa penasaran nih, moms bisa screening tumbuh kembang bahkan terapi bayi dan balitanya di 2 tempat yang teruji dan banyak direkomendasikan banyak orang tua seperti berikut :

a. Rainbow castle


source : google
 
Rainbow castle adalah klinik psikologi anak pertama di Indonesia yang khusus menyediakan layanan terapi berbasis bermain untuk anak-anak hingga usia 7 tahun. Yaitu Terapi bermain, Theraplay dan PCIT (Parents child interaction therapy). Terapi di RC ini dibimbing dan diawasi oleh psikolog anak yang tentunya punya sertifikasi dan diakui secara internasional oleh Organisasi pengusung terapi dengan basis bermain. Saya sendiri pernah ikut event dari RC dan pernah konsul serta terapi anak saya di RC.


source : rainbow castle

Menurut saya nggak usah malu ya moms bawa anak ke psikolog. Bukan karena anak kita kenapa-kenapa, tapi karena kita butuh ilmu dalam pengasuhan anak. Saya sendiri memutuskan konsul karena ingin jawaban dari ahlinya, bukan sekedar opini dari orang lain. Dan jujur ketika terapi dan setelah terapi, saya dan suami merasa bahwa terapi ini ditujukan untuk kami bertiga, bukan hanya anak saya. Nggak terasa terapinya, karena sampai sekarang anak saya masih kangen main di sana. Dia pikir itu rumah teman saya yang banyak mainannya. Hahaha. Oh iya, di Klinik RC ini moms bias daftar jadi member atau peserta karena ada Parenting Webinar Club dan kuliah online nya juga moms. Jadi yang nggak bisa kemana-mana tetap bisa dapat ilmu baru seputar tumbuh kembang anak dari psikolog.
 
b. Pela 9


source : https://www.klinikpela9.com

Klinik Pela 9 ini bukan hanya ditujukan untuk anak, tapi juga usia remaja. Klinik yang pertama saya tahu adalah di dekat rumah yaitu wilayah Pela Mampang. Setahu saya, klinik ini melayani speech delay juga, moms. Nah, menurut yang saya copy dari web Klinik Pela 9, Klinik Pela 9 didirikan atas prakarsa Dr. Iramaswaty Kamarul, Sp.A(K), dokter spesialis Anak sub-spesialis Nerologi Anak dengan tujuan membantu keluarga dengan anak yang mengalami hambatan atau gangguan tumbuh kembang. Klinik Pela 9 bergerak di bidang deteksi dini terhadap keterlambatan & gangguan tumbuh kembang anak secara terpadu yang melibatkan tim dokter spesialis anak maupun psikiater anak, psikolog, serta terapis berpengalaman dengan sertifikat dalam dan luar negeri.


source : pela9

Bagi anak dengan gangguan tumbuh kembang, sangatlah penting untuk segera memulai terapi sedini mungkin karena hasilnya akan lebih baik dan lebih cepat. Masalah tumbuh kembang anak merupakan masalah yang sangat kompleks, sehingga dalam penanganannya diperlukan kerjasama yang melibatkan tenaga ahli dari berbagai disiplin ilmu. Klinik Pela 9 juga melibatkan para orang tua serta pengasuh dalam program terapi dalam bentuk home program agar dapat mengulang aktifitas terapi yang telah diberikan di rumah untuk membantu perkembangan anak mereka.


source : google
 
Sebelum memutuskan untuk mengikuti terapi, diskusikan dengan pasangan dan teliti kembali apakah anak memang benar-benar butuh diterapi, apakah moms dan pasangan benar-benar kebingungan tentang apa yang harus dilakukan kepada anak. Jika takut salah bertindak, barulah konsultasikan tumbuh kembang anak ke dokter dan psikolog. Sekian ulasan saya dan semoga informasi ini bermanfaat ya, moms.