Sebenarnya di tahun 2017 ini, saya sudah memulai olahraga mengikuti kelas yoga yang diadakan puskesmas terdekat dari tempat tinggal saya di Korea Selatan (lagi-lagi, saya merasa berterimakasih dengan program pemerintah Korsel). Awalnya ikut kelas ini karena bosan, mau cari kegiatan baru tapi lama-lama jadi senang. Cuman, elasnya tidak sering ada karena untuk musim-musim tertentu karena cuaca terlalu panas/dingin, diliburkan. Juga belakangan menjelang hawa-hawa liburan, saya mulai kendur semangatnya jadi madol kelas beberapa minggu sampai akhirnya kelasnya sudah berakhir. hehehehe

Saya pribadi cukup takjub dengan perhatian pemerintah Korea Selatan terhadap kesehatan Ibu dan Anak. Salah satunya dibuat program yoga ini karena mereka paham bahwa para Ibu membutuhkan olahraga untuk kesehatan mereka.  Menjaga dan membesarkan anak membuat badan kita sebagai ibu cepat sakit seperti di kepala, pinggang, punggung, pundak, dan kaki. Betul?
                                         
Setelah mengikuti kelas yoga ini, saya pun menyadari bahwa olahraga menjadi penting karena terasa tubuh lebih bugar. Biasanya saya bangun dan merasa sakit di pinggang dan punggung, namun setelah ikut kelas yoga, saya merasa lebih segar dan semangat saat bangun tidur walau 1 jam kelas yoga terasa sangat menyiksa. Keringat bercucuran, anggota tubuh seperti ditarik-tarik, belum lagi harus bertahan saat sit-up, downdog, plank, dan sebagai macamnya. Olahraga juga membuat saya tidur lebih nyenyak dan tubuh tidak terlalu sakit saat PMS menjelang.

Jadi dari pengalaman ini saya menyimpulkan beberapa alasan kenapa kita sebagai Ibu harus menyempatkan diri untuk berolahraga, seminimalnya 10 menit per hari, kalau lagi malas boleh nawar deh beberapa menit streching ala-ala.
1. Kesehatan menjadi investasi jangka panjang. Kita tentu mau melihat anak kita tumbuh besar, lulus kuliah, hingga nanti hingga punya cucu
2. Tubuh menjadi lebih sehat dan bugar sehingga kita lebih bersemangat dalam beraktivitas
3. Wajah lebih fresh, sakit di badan berkurang.

Selain itu, olahraga tidak harus dibayangkan yang susah-susah dan menghabiskan waktu berjam-jam. Sebenarnya kita bisa melakukan berbagai olahraga seperti streching, latihan squad, yoga, jogging, atau menggunakan peralatan sederhana seperti kain pel, handuk, untuk berolahraga. Kita juga bisa menggunakan youtube atau pun aplikasi pada gawai dengan kata kunci " 5 minutes workout,  7 minutes yoga", dan sebagainya.

DAN ada olahraga yang mudah dan bisa dilakukan bersama dengan anak. Misalkan bermain lempar bola, loncat trampolin, lari, bersepeda, berenang, atau bahkan yoga bersama anak. Bisa dicari karena banyak banget sekarang program-progam untuk olahraga bersama anak. Selain sehat, meningkatkan bondingan bersama anak juga. 
                               

                                                              Yuk Moms kita sama-sama olahraga dari sekarang,
                                                   tidak hanya demi sekarang namun juga demi masa depan.
                                                                                              Sampai jumpa di tahun 2018!