Ini adalah roadtrip terjauh Ale untuk pertama kali. Agak deg-degan karena takut macet dan Ale bete. Disamping itu sudah akhir Tahun  dan kekhawatiran jalanan macet jadi lebih meningkat. Untungnya saya berangkat pukul 5.30 pagi dan tidak macet. Sebenarnya ini adalah tester karena saya ada rencana membawa Ale bepergian naik pesawat. Saya pingin tahu dalam perjalanan jauh Ale akan bete atau tidak. Dengan beberapa perbekalan, Ale tidak rewel sama sekali! Ahamdulillah. Kebetulan Ale belum sarapan, jadi sarapannya di mobil. Saya beli makanan instan biar tidak repot. Makanan instan boleh lho Buibu sekali-kali dikasih. Sama aja kaya kita kalau lagi pingin makan JunkFood hehehe.
 
Macet hanya didaerah megamendung karena adanya pasar. TAPI….. Taman Safari penuh sekali!! Volume kendaraan roda 4 sangat banyak sehingga menimbulkan antri yang cukup panjang untung mengantri tiket. Waktu itu saya baca berita, Polisi daerah Bogor sempat memprotes panjangnya antrian Taman Safari. Seharusnya Taman Safari memiliki sistem online sehingga mempercepat antrian. Kalau sekarang kan masih manual, setiap mobil dihitung ada berapa penumpang. Idenya boleh juga sih menurut saya. Tapi kemarin petugas Taman Safari cukup gesit, menghitung penumpang dengan cepat dan memberi kembalian dengan cepat juga.
 
Oiya, untuk anak diatas 1 Tahun sudah dihitung ya biaya masuknya. Sekedar info untuk Buibu biar gak kaget hehe, karena ada beberapa Taman Rekreasi yang baru memberikan biaya ketika anak berusia 2 Tahun.
 
First thing first, melihat binatang. Ale awalnya masih agak takut, lama kelamaan Ale mau memberi makan wortel kepada binatang yang lewat. Dan… saya punya berita penting. Taman Safari sekarang lebih ketat penjagaannya. Biasanya kalau kita kasih makan hewan suka didiemin aja, sekarang setiap sektor ada yang jagain. Saya yakin ini berkaitan dengan Berita terkini mengenai Oknum yang memberikan miras kepada Binatang di Taman Safari. Bagus Banget! Saya sih setuju dengan tindakan pengurus Taman Safari, selain mengurangi kemacetan dalam melihat hewan, hewan-hewan yang ada disana juga lebih dilindungi dari tindakan orang-orang yang iseng.
 
Selain itu, seharusnya orang-orang yang mengantri lihat hewan lebih pengertian. Sudah ditulis di plang “DILARANG KLAKSON” tapi masih ada aja yang klakson. Saya gak ngerti sih tujuan orang yang klakson2 apa, harusnya sabar aja kalau ada mobil yang berhenti cukup lama, toh dia bisa nyalip. Klakson kan juga mengganggu ketenangan hewan disana. Saya yakin Taman Safari memiliki alasan sendiri untuk dilarang klason dalam mengelilingi melihat hewan.




 
Selain itu ada wahana baru, namanya Istana Panda. Bagus banget!! Baru jadi sekitar September 2017 dan masih bersih!! Tempat makannya juga luas sekali diatas pegunungan. Tikcetnya bisa dibeli diawal ataupun di booth Panda. Ketika kita sudah masuk ke wilayah Panda, kita akan diantar menggunakan Bus. Persis sekali seperti di Bali Safari. Untung keterangan lebih lanjut bisa cek web Taman Safari ya Buibu.




 
Semua wahana di Taman Safari sekarang lebih terawat dan show2 tepat waktu. Ale happy sekali disana :)