Breastfeeding atau proses menyusui bayi memang seringkali menjadi sarana untuk mendekatkan ibu dengan bayinya. Tetapi, tidak sedikit lho bayi yang berkeringat ketika sedang disusui. Nah, buat Beuatynesian yang mengalami hal serupa dan bertanya-tanya apa penyebabnya, you’re in the right page, ladies! So, without further do, let’s move on to the main information!


Faktor Skin to Skin
Pada dasarnya, kondisi bayi yang berkeringat ketika menyusu masih tergolong normal. Hal ini disebabkan karena kulit tipis kepala dan tubuh bayimu menjadi menghangat karena bersentuhan dengan kulit ibunya. Yups, faktor skin to skin adalah salah satu penyebab bayi berkeringat ketika menyusui. Ketika menyusui bayimu, kamu pasti akan menyentuh kulitnya, baik kulit tanganmu yang memeluk kulit tubuhnya, telapak tangamu yang memegang kepanya, atau kulit dadamu yang mengenai kulit area wajahnya.

Nah, skin to skin ini akan mentransfer panas tubuhnya pada si kecil yang membuat suhu tubuhnya meningkat. Sehingga, untuk menurunkan suhu tubuhnya, si bayi akan secara alami mengeluarkan keringatnya. Selain itu, ketika kamu tidak mengganti posisi menyusui si bayi, bayimu berpotensi untuk berkeringat lebih banyak lho.

source: https://hellosehat.com/sariawan-pada-bayi-menyusui-asi/
baca juga


Faktor Eksternal yang Membuat Bayimu Kepanasan
Yups, faktor eksternal juga memiliki peran dalam menyebabkan bayimu berkeringat ketika menyusu, ladies. Jika kamu menyusui bayimu dalam ruangan yang tidak memiliki ventilasi udara atau tanpa pendingin ruangan, maka suhu ruangan yang panas akan meningkatkan suhu tubuh bayimu. Sehingga, jangan heran ya jika bayimu berkeringat sangat banyak, karena itulah mekanisme alami tubhnya untuk mendinginkan suhu tubuhnya. Selain itu, jika kamu memakaikan pakaian yang terlalu tebal atau berlapis dalam ruangan yang panas, siap-siap untuk menyediakan tissue atau baju ganti ya, Beautynesian, karena dapat dipastikan bahwa bayimu akan berkeringat. A lot.

source: http://www.tanzaniatoday.co.tz/news/wanaume-nao-wanaweza-kunyonyesha-watoto-wao


Bayimu Sedang Berolahraga
Well, mungkin terdengar lucu dan agak sulit dipercayai. But yes, your baby is exercising while being breastfeeding. Jika orang dewasa berolahraga dengan menggerakkan anggota tubuh dan otot sehingga berkeringat, maka lain halnya dengan bayimu. Untuk seorang bayi mungil yang belum dapat bergerak banyak, pergerakkan rahang dan mulutnya ketika mengisap susu merupakan salah satu bentuk olahraga yang ia lakukan. Dan yups, olahraga ketika menyusu ini dapat menyebabkan bayimu berkeringat, ladies. It’s sound cute, right?

source: https://hellosehat.com/minum-alkohol-saat-menyusui/
baca juga


Walaupun kondisi bayi yang berkeringat ketika menyusui bukanlah hal yang berbahaya, Beautynesian tetap harus waspada jika bayimu berkeringat secara berlebihan, karena hal itu bisa menjadi salah satu tanda jika bayimu memiliki masalah kesehatan, seperti penyakit jantung bawaan, demam, dan hipertiroid. Jadi jika, bayimu berkeringat berlebihan  disertai dengan gejala-gelaja seperti bayi yang bernafas dengan terengah-engah  atau kulitnya yang menjadi kebiruan ketika disusui, segera dibawa ke dokter ya, ladies!