Hamil, melahirkan, dan menyusui adalah anugrah yang tiada bandingannya bagi wanita ya Moms. Namun terkadang, keadaan di sekitar membuat kita down dan berimbas pada aktivitas tersebut.  Misalnya saja menyusui.  Tau gak sih Moms, bahwa mood ibu sangat mempengaruhi kualitas serta produktivitas ASI yang Mommy hasilkan.  Agar ASI yang Mommy hasilkan berkualitas dan kuantitasnya pun baik, mintalah suami Mommy untuk melakukan ini di rumah Moms….



1. Membantu menyelesaikan pekerjaan di rumah
Kondisi ibu yang kelelahan dapat mengakibatkan produksi ASI menurun.  Untuk itu, suami harus membantu istri untuk menyelesaikan pekerjaan di rumah.  Pekerjaan ringan seperti mencuci piring, menjemur pakaian, atau menyapu halaman akan sangat membantu istri.  Sehingga memiliki kualitas istirahat yang lebih baik



2. Jagalah mood istri agar tidak stress
Mood sangat mempengaruhi kondisi psikis ibu dan juga bayi.  Apabila sedang dalam keadaan bad-mood, maka ibu akan cenderung mudah marah dan emosi. Akibatnya saat-saat menyusui akan menjadi tidak menyenangkan.  Porduksi ASI berkurang dan bayi jadi rewel.  Buatlah hati istri anda bahagia. Karena istri itu jantungnya rumah.  Jika ia bahagia, maka bahagialah seisi rumah, begitu juga sebaliknya.



3. Bantulah istri dengan menjaga anak anda
Terkadang jarak kelahiran yang begitu dekat antar anak sangat menyita perhatian dan energi.  Suami hendaknya membantu istri merawat anak.  Berbagi tugas dengan istri, selain dapat meringankan tugas istri, juga mampu mempererat hubungan orangtua dengan anak.



4. Jaga asupan gizi istri anda
Karena tugas salah satu tugas suami adalah mencari nafkah bagi keluarga, maka termasuk juga menjamin istri dan anaknya mendapatkan asupan gizi yang cukup.  Moms, kadang rasa lelah mampu mengalahkan segala keinginan di diri ya, termasuk rasa lapar.  Pastikan istri anda mendapatkan asupan gizi serta istrirahat yang cukup.  Gizi sangat mempengaruhi status kesehatan serta kuantitas ASI.