1. Stimulasi Otak

Konon, rajin mengusap perut selama hamil dapat berpengaruh pada perkembangan otak bayi lho, Moms. Bayi yang sering diajak berkomunikasi lewat usapan perut disebut-sebut akan tumbuh menjadi anak yang cerdas. Bagaimana kedua hal ini berhubungan? Jadi, sering memberikan stimulasi berupa elusan pada perut akan membuat jaringan sinaptogenesis atau hubungan antar syaraf pada bagian otak semakin banyak. Hal itulah yang membuat si bayi tumbuh cerdas dan memiliki daya tangkap yang lebih cepat daripada bayi-bayi lainnya.
 

source: https://www.shutterstock.com


 

2. Tingkatkan Bonding

Karena Moms yang mengandungnya, maka sudah pasti bayi dan sang ibu memiliki ikatan yang cukup kuat. Namun, untuk lebih meningkatkan bonding itu, Moms perlu mengajak bayi berkomunikasi lewat sentuhan dengan cara mengusap perut selama hamil. Lewat sentuhan, bayi akan merasakan rasa cinta ibunya. Minta pula Dads untuk mengusap perut Moms selama hamil. Karena dengan cara itulah si bayi dapat merasakan kedekatan dengan sang ayah. Bahkan studi telah membuktikan kalau mengelus perut lebih memberikan banyak respon pada bayi dibandingkan menyanyikannya lagu lho. 
 

source: https://www.shutterstock.com


 

baca juga

3. Bayi Merasa Lebih Tenang

Ada kalanya bayi tidak merasa kenyamanan atau merasakan stres selama dalam kandungan. Sinyal-sinyal itu mungkin dikirim bayi lewat tendangan atau bergerak-gerak dalam rahim. Nah, cara terbaik untuk menenangkan si calon bayi adalah dengan mengusap perut dan mengajaknya berbicara. Dengan merasakan sentuhan lembut dan suara sang ibu, maka si bayi akan cepat kembali merasakan ketenangan. 
 

source: https://www.shutterstock.com


 

4. Meminimalisir Nyeri Jelang Persalinan

Jelang persalinan Moms akan merasakan kontraksi yang rasanya nyeri di sekitar perut. Nah, salah satu cara untuk mengurangi rasa nyeri itu adalah dengan mengelus bagin perut yang terasa nyeri sampai pada bagian pinggul. Tentunya Moms akan kesulitan melakukannya sendiri, oleh karena itu coba minta suami untuk mengusap lembut bagian perut Moms.

Selagi suami mengelus bagian nyeri pada perut, maka Moms perlu menenangkan pikiran dengan melakukan afirmasi positif dan memikirkan hal-hal menyenangkan. 
 

source: https://www.babygaga.com