Sebelum memberikan vitamin ke anak, setiap orangtua harus mengetahui terlebih dahulu apakah anaknya memerlukan vitamin tersebut atau tidak. Kalau memang diperlukan, baru diberikan. Begitu pula sebaliknya, jika nutrisi sudah terpenuhi maka pemberian vitamin tidak diperlukan lagi. Mengapa? Karena kelebihan nutrisi justru akan berdampak buruk untuk tubuh. Pasalnya vitamin larut lemak yang jika kelebihan maka akan tersimpan di hati. Cod liver oil yang tinggi akan mengganggu kerja hati.

Memberikan vitamin kepada anak merupakan salah satu cara yang dilakukan para orangtua agar Si Kecil tumbuh dan berkembang dengan baik. Sayangnya, salah memberikan vitamin justru dapat membahayakan kesehatannya loh.

Karena itulah, pentingnya para orangtua mengetahui panduan yang benar memberikan vitamin kepada anak. Nah, berikut ini adalah tiga tips memilih vitamin untuk anak:


 

Kegunaan Vitamin


Tips memilih vitamin untuk anak yang utama adalah mengetahui kegunaan atau manfaat vitamin yang akan Ibu berikan. Misalnya, saat cuaca sedang tidak bersahabat tubuh akan rentan terserang penyakit. Vitamin yang tepat diberikan adalah Vitamin C untuk memperkuat sistem imunitas anak.

source: http://www.monicashealthmag.com/wp-content/uploads/2016/09/should-kids-take-vitamin4.jpg


 

baca juga

Memilih Vitamin Sesuai Kebutuhan


Vitamin memiliki manfaat yang berbeda-beda, misalnya vitamin untuk nafsu makan, vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh atau vitamin untuk kecerdasaan otak. Sebelum memberikan vitamin kepada anak, pilihlah terlebih dahulu yang memang benar-benar dibutuhkan. Tak hanya itu, vitamin juga memiliki tingkat usia yang berbeda, sehingga pilihlah yang sesuai dengan usia si kecil. Jangan memberikan vitamin orang dewasa kepada anak, walau dosisinya telah dikurangi tetapi tetap dapat membahayakan tubuh anak, terutama lambung.

source: http://cdn.inquisitr.com/wp-content/uploads/2012/10/pills.jpg


 

Waktu Pemberian Vitamin


Vitamin memang sangat baik untuk tubuh anak yang berguna untuk mencukupi kebutuhan nutrisi anak. Walaupun demikian, para orangtua tetap harus tahu kapan waktu yang tepat memberikan vitamin kepada anak. Lalu kapan waktu yang tepat? Saat anak mengalami kesulitan makan, memiliki banyak kegiatan dan juga yang suka mengonsumsi snack dan minuman bersoda.

source: http://pedulisehat.info


 

baca juga

Konsultasikan ke Dokter


Niat hati ingin anak sehat dan tumbuh dengan baik. Namun karena tidak mengetahui panduan yang tepat saat memberikan vitamin kepada anak dan justru membahayakan kesehatannya. Sebaiknya Ibu berkonsultasi dengan dokter. Biasanya dokter akan memberikan vitamin yang benar-benar dibutuhkan oleh Si Kecil.
 
source: https://www.spineuniverse.com/sites/default/files/imagecache/gallery-large/wysiwyg_imageupload/3998/2015/07/27/doctor%20with%20parent%20and%20child18736298_M_0.jpg