Bayi Berusia Di Atas 4 Bulan Boleh Diajak Ke Kolam Renang

Nah, menurut beberapa ahli mengajak bayi berenang ke kolam umum sudah bisa dilakukan saat usianya menginjak 4 bulan ke atas. Di usia ini, daya tahan tubuh baik sudah berkembang dengan cukup baik sehingga tidak rentan mengalami penyakit yang kemungkinan bisa didapatkan akibat interaksinya dengan kolam umum, seperti diare, infeksi saluran pernapasan dan telinga. 

Tapi, ada beberapa hal yang perlu Moms perhatikan saat membawa bayi berusia 4 bulan ke kolam renang. Berikut rambu-rambu yang perlu Moms patuhi agar si bayi nyaman dan tidak jatuh sakit setelah berenang: 
 

source: https://www.miniswimmers.co.uk


 

1. Perhatikan Suhu Air Kolam Renang

Untuk menjaga kesehatan dan kemanan bayi selama berenang, maka Moms perlu pilih-pilih soal kolam renang. Ada baiknya Moms membawa bayi ke kolam khusus yang suhu airnya memang diperuntukkan buat bayi berenang. Jadi ada ketentuan suhu air untuk bayi berenang yaitu pada 29-32 derajat C. Memerhatikan suhu sangat penting karena bayi yang berusia di bawah 6 bulan masih sangat rentan terhadap suhu dingin. 
 
source: https://alphamom.com


 

baca juga

2. Waktu Berenang

Jangan terlalu keasyikan membawa bayi berenang sehingga lupa waktu ya, Moms. Anjuran waktu berenang untuk bayi di bawah usia 6 bulan adalah 10 menit saja. Sementara untuk bayi usia 6-18 bulan adalah maksimal 10 bulan. Terlalu lama berada di dalam air akan membuat bayi kedinginan. Mungkin Moms tidak menyadari kedinginan yang dirasakan si bayi hingga tubuhnya mulai membiru. 
 
source: https://www.littleswimmers.co.uk


 

3. Perhatikan Kandungan Klorin

Sebagian besar air kolam renang mengandung klorin. Coba tanyakan kepada petugas kolam renang berapa kandungan klorin di dalam air. Idealnya klorin dala air kolam tidak lebih dari 3 hingga 4 ppm (parts per million). Kandungan klorin yang tinggi berisiko mengiritasi kulit bayi yang masih sangat sensitif. Untuk menghilangkan sisa klorin pada tubuh bayi ini, maka setelah berenang sebaiknya mandikan bayi hingga benar-benar bersih. 
 
source: http://time.com