1. Abai Terhadap Rutinitas Sebelum Berenang

Tak sedikit kejadian di mana, setibanya di kolam renang anak merasa excited dan langsung melompat ke dalam kolam renang. Hal biasanya terjadi karena orangtua lalai menerapkan rutinitas sebelum berenang. Jadi, Moms perlu mengajarkan bahwa sebelum anak berenang harus berganti pakaian renang lebih dulu, mengenakan popok berenang dan mengoleskan tabir surya. Dengan mengajarkan hal ini maka anak akan tahu bahwa kolam renang tidak dapat langsung dilompati kapan saja. Hal inipun dapat meminimalisasi kemungkinan anak tergoda untuk mencoba berenang tanpa Moms sadari. 
 

source: http://gigglensplash.com/benefits/


 

2. Membiarkan Anak Memasuki Kolam Renang Sendirian

Duh, jangan sekali-kali membiarkan anak berenang sendiri, meski itu kolam itu sangat dangkal. Tepian dan permukaan kolam sangat licin sehingga anak akan mudah terpelesat. Jadi, tugas Moms adalah menuntun anak masuk ke kolam renang dan mengawasinya selalu. Untuk anak yang sudah agak besar, ajari ia untuk meminta izin terlebih dahulu sebelum memasuki kolam renang. Dengan demikian ada Moms yang akan mengawasinya selama melakukan aktivitas berenang. 
 

source: http://blog.myaone.my


 

baca juga

3. Keliru Menggunakan Perlengkapan Berenang

Tak sedikit orangtua yang membelikan perlengkapan berenang untuk anaknya namun tidak tahu kegunaan sebenarnya. Misalnya membeli jaket pelampung dan water wings. Sebenarnya perlengkapan seperti jaket pelampung lebih sering digunakan saat sedang berada di danau ataupun laut. Sementara saat mengajarkan anak berenang, hindari memberikannya pelampung berupa water wings terlebih dahulu karena hal ini akan malah memberikan perasaan aman yang palsu ketika berada di dalam air. 
 

source: https://www.thebump.com


 

4. Sering Kenakan Kacamata Berenang pada Anak

Hindari penggunaan kacamata renang terlalu sering saat anak-anak sedang belajar berenang. Sebaiknya Moms mengajarkan si kecil untuk membuka mata  di bawah air sehingga jika akan jatuh, ia bisa membuka mata dan menemukan jalan keluar dari kolam dengan aman.
 

source: https://saludmovil.com


5. Terlalu Takut Anak Akan Tenggelam
Saat mengajarkan bayi berenang, jangan biarkan Moms terlalu takut bahwa bayi akan tenggelam. Agar proses belajar berenang berlangsung aman maka Moms harus selalu berada di dekat si kecil dan membantunya bergerak-gerak dalam air. Kalau Moms terlalu takut, maka proses belajar juga akan memakan waktu yang lama.