Sejak anak masih dalam kandungan hingga berusia tiga tahun, otaknya akan tumbuh dan berkembang hingga mencapai sekitar 80%. Karena itulah pentingnya Ibu memenuhi asupan nutrisinya pada usia tersebut dan betapa besarnya pengaruh gizi untuk otak dan kecerdasaan anak. Kekurangan gizi dapat menyebabkan kualitas IQ anak menurun.

Tak hanya itu, anak yang mengalami kekurangan gizi juga rentan terserang penyakit karena buruknya sistem imun atau kekebalan tubuhnya. Karena itulah sejak Ibu hamil sangat disarankan untuk banyak mengonsumsi makanan sehat dan menghindari stres. Meski sulit tapi sebaiknya dipaksakan untuk kebaikan Si Kecil kelak. Berjalan-jalan dengan suami atau sekedar makan malam bersama dapat Ibu lakukan untuk mencegah anak mengalami kekurangan gizi.

Lalu, bagaimana cara mencegah dan mengatasi anak kurang gizi? Berikut adalah beberapa langkah sederhana yang dapat para orangtua lakukan. 


 

Menjalankan Hidup Sehat Saat Hamil


Untuk mencegah anak mengalami kekurangan gizi, hal utama yang dapat Ibu lakukan adalah dengan menjalankan pola hidup sehat saat hamil. Seperti yang diketahui bahwa anak kurang gizi sudah terjadi sejak ia masih berada di dalam kandungan. Oleh karena itu, selama Ibu hamil dianjurkan untuk menjalankan pola hidup sehat agar kebutuhan gizi dan nutrisi Si Kecil terpenuhi. Selain itu, menjalankan pola hidup sehat saat hamil juga baik untuk kesehatan Ibu.

source: https://www.parenthub.com.au/wp-content/uploads/136629658.jpg



 

baca juga

Memberikan ASI Eksklusif


ASI merupakan makanan terbaik untuk bayi karena di dalamnya terkandung segudang vitamin yang sangat baik untuk tubuh dan kesehatan Si Kecil bahkan hingga ia berusia dewasa. Karena itu disarankan agar Ibu memberikan ASI eksklusif hingga dua tahun.

source: http://az616578.vo.msecnd.net/files/2016/04/11/635959307925094401-338713828_Breastfeeding-tips-mummycenter.jpg


 

Perbanyak Memberikan Buah dan Sayur-sayuran


Cara mengatasi anak kurang gizi selanjutnya yaitu dengan memperbanyak memberikan buah dan juga sayuran kepada anak. Ibu bisa mulai mengenalkan rasa buah dan sayuran sejak Si Kecil sudah mulai MPASI (makanan pendamping ASI), seperti membuatkan bubur tim ayam yang dicampur dengan wortel dan sayuran lainnya.

source: http://nspt4kids.com/wp-content/uploads/2013/04/child-fruit.jpg


 

baca juga

Konsultasikan dengan Dokter


Selain melakukan beberapa cara mengatasi anak kurang gizi di atas, Ibu juga disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

source: http://a57.foxnews.com/images.foxnews.com/content/fox-news/health/2013/10/28/dont-let-religious-beliefs-impede-kids-care-doctors-group-says/_jcr_content/par/featured-media/media-1.img.jpg/876/493/1422655921415.jpg?ve=1&tl=1