Masalah yang banyak dialami oleh para orangtua adalah sang buah hati susah makan atau pilih-pilih makanan. Dengan terpaksa, banyak orangtua yang memberikan makanan yang disukai anak walaupun makanan tersebut tidak memiliki banyak nutrisi dibandingkan anak tidak mau makan sama sekali. Hasilnya, berat badan anak pun tak kunjung bertambah.

Untuk menghindari masalah anak pilih-pilih makanan, sebaiknya sejak anak masih dalam kandungan Ibu mulai mengenalkan berbagai macam makanan yang bernutrisi tinggi, terutama sayur-sayuran. Karena apapun yang Ibu makan selama hamil, juga dapat dirasakan oleh bayi. Namun, selain karena anak sulit makan, ada beberapa penyebab berat badan anak tidak bertambah yang wajib para orangtua ketahui, seperti berikut:


 

Sakit Tidak Terdeteksi


Sakit memang kerapkali membuat berat badan anak menurun. Namun, beberapa jenis penyakit yang tidak terdeteksi, seperti jantung bawaan, cacingan dan lain sebagainya menjadi salah satu faktor penyebab berat badan anak tidak bertambah. Mengapa? Karena penyakit-penyakit tersebut dapat mengganggu proses metabolisme yang membuat berat badan anak tidak bertambah. Segera konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

source: http://www.istockphoto.com/photos/taking-medicine?excludenudity=true&sort=mostpopular&mediatype=photography&phrase=taking%20medicine


 

baca juga

Suasana Meja Makan Tidak Menyenangkan


Suasana meja makan atau rumah yang tidak nyaman juga menjadi penyebab berat badan anak tidak bertambah karena Si Kecil jadi tidak mau makan. Suasana riang di meja makan akan membuat anak makan dengan senang dan nyaman. Namun jangan pernah memaksa saat anak sedang susah makan. Bujuk ia tanpa perlu terlihat memaksanya. Selain itu, variasikanlah menu-menu makanan yang dapat menarik hati anak agar ia mau untuk mencobanya.

source: https://www.thedailymeal.com/entertain/7-tips-teaching-table-manners-kids-slideshow/%7B%7Burl%7D%7D/slide-2?page=thumbs


 

Diare


Ini yang perlu diperhatikan oleh para orangtua. Saat anak berusia 1-2 tahun, maka apa pun yang ia pegang akan dimasukkan ke dalam mulutnya. Hal itulah yang dapat meningkatkan risiko masuknya kuman diare ke dalam pencernaannya yang membuatnya mengalami diare. Perlu diketahui bahwa diare dapat membuat berat badan anak yang awalnya baik menjadi turun dan anak mulai kesulitan untuk menambah berat badannya.

source: http://www.momjunction.com/articles/diarrhea-in-toddlers_00399783/#gref

Nah, itulah beberapa penyebab berat badan anak tidak bertambah yang perlu orangtua ketahui, agar tahu bagaimana harus mengatasinya.