Rambut Bayi

Perlu untuk kamu ketahui, pertumbuhan rambut bayi satu dengan yang lain sangatlah beragam. Hal ini disebabkan adanya faktor genetik yang dimiliki oleh si kecil. Di sisi lain, siklus pertumbuhan rambut bayi juga akan mengalami beberapa perubahan seiring dengan usianya yang bertambah. Biasanya memasuki usia satu hingga dua tahun, bayi akan memiliki rambut yang lebih tebal dan lembut. Akan tetapi, perlu disadari juga keberadaan faktor gizi, lingkungan serta kadar hormon yang berpengaruh pada pertumbuhan rambut si kecil. 
 

source: http://onesassydoctor.blogspot.com/


Untuk dapat menebalkan rambut bayi yang pitak, kamu dapat melakukan perawatan dari luar dan dari dalam, dengan pemberian asupan nutrisi. Yuk, simak perawatan rambut bayi berikut ini :
 


Perawatan Rambut Bayi

Untuk dapat menebalkan rambut bayi, kamu dapat melakukan perawatan rambut dan kulit kepala untuk si kecil. Berikut ini adalah beberapa perawatan yang direkomendasikan karena memang terbukti dapat merangsang pertumbuhan rambut anak secara alami :

 

source: http://bhairdesign.pt/


Perawatan dengan Kemiri

Perawatan pertama yang wajib untuk kamu coba untuk menebalkan rambut bayi adalah dengan menggunakan kemiri. Tips ini sudah turun temurun yang sudah dilakukan sejak zaman dahulu. Faktanya, kemiri memang dapat menumbuhkan rambut secara alami tanpa harus melibatkan bahan-bahan kimia berbahaya. Berikut ini adalah langkah perawatan rambut bayi menggunakan kemiri :

  1. Siapkan kemiri beberapa butir, sesuai yang dibutuhkan.
  2. Goreng kemiri tanpa minyak. Saat digoreng, kemiri akan mengeluarkan minyak dengan sendirinya.
  3. Tumbuk kemiri yang sudah digoreng, lalu oleskan hasil tumbukan pada seluruh kepala bayi. 
  4. Diamkan 30 menit, lalu bilas hingga bersih.
  5. Lakukan perawatan ini secara rutin untuk hasil yang optimal.

Perawatan dengan Daun Seledri

Selain kemiri, daun seledri juga dapat digunakan untuk perawatan penyubur dan penumbuh rambut dengan aman tanpa memberikan efek samping. Nah, untuk perawatannya, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini : 
  1. Siapkan daun seledri yang sudah dibersihkan. Kemudian remas hingga halus.
  2. Oleskan daun seledri yang sudah diremas pada seluruh bagian kepala bayi. Diamkan selama 30 menit.
  3. Jika sudah, bilas hingga bersih. Lakukan perawatan secara rutin untuk mendapatkan hasil optimal. 

Perawatan dengan Lidah Buaya

Terakhir, kamu juga dapat menggunakan lidah buaya untuk bahan penumbuh rambut alami yang aman dan tidak berbahaya bagi si kecil. Cara perawatannya sangatlah mudah, yaitu :
  1. Siapkan batang lidah buaya yang sudah dibersihkan.
  2. Belah batang lidah buaya menjadi dua bagian.
  3. Oleskan bagian gel lidah buaya pada seluruh area kulit kepala bayi secara merata.
  4. Lakukan perawatan secara teratur agar hasil optimal. 
baca juga


Nutrisi untuk Pertumbuhan Rambut Bayi

Selain melakukan perawatan dari luar, kamu juga perlu memastikan asupan gizi si kecil terpenuhi dengan baik dari dalam. Cobalah untuk memerhatikan asupan nutrisi si kecil dengan memastikan pemberian makanan-makanan yang bergizi. Asupan gizi ini sangatlah berpengaruh pada tingkat tumbuh kembang si kecil, termasuk mempengaruhi pertumbuhan rambutnya. Itulah sebabnya, berikanlah ASI eksklusif disertai makanan pendamping yang lengkap dengan asupan vitamin dan serat, seperti sayur dan buah-buahan.
 

source: https://www.todaysparent.com/


Nah, itulah beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menebalkan rambut bayi yang pitak. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat, ya!