Gula dan Garam pada MPASI

Sebagian para orang tua merasa kasihan dengan anaknya saat harus memberikan makanan hambar yang tidak ada rasanya untuk si kecil hingga akhirnya memutuskan untuk menambahkan gula atau garam sebagai pemberi rasa. Padahal, hal tersebut sangatlah tidak dianjurkan sebab membawa dampak buruk pada kesehatan si kecil.
 

Moms, Ini Dia Alasan Mengapa Menu MPASI Harus Tanpa Gula Dan Garam
source: http://www.sheknows.com/


 


Dampak Penggunaan Garam

Garam merupakan salah satu bumbu yang sangat berpengaruh pada pemberian rasa makanan. Akan tetapi, pemberian garam pada makanan pendamping ASI ternyata membawa dampak buruk. Hal ini disebabkan bayi masih sangat sensitif pada asupan garam yang dapat langsung mempengaruhi tekanan darahnya. Sedikit saja mengonsumsi garam, tekanan darah bayi dapat naik sehingga langsung mempengaruhi kondisi kesehatannya. 
 

Moms, Ini Dia Alasan Mengapa Menu MPASI Harus Tanpa Gula Dan Garam
source: https://www.thredup.com/


Untuk lebih jelasnya, berikut ini adalah ketentuan mengenai asupan garam bagi bayi dan balita yang harus Mommy tahu :

  1. Pada dasarnya, kebutuhan garam pada bayi adalah kurang dari 1 gram per hari. Kebutuhan ini sudah dipenuhi dari asupan ASI ataupun susu formula, yang memiliki 0.4 gram kandungan sodium.
  2. Pada 6 bulan pertama usianya, bayi hanya mengetahui 1 rasa yaitu ASI. Dengan begitu, jenis menu apapun yang kamu berikan tidak akan terasa hambar karena semuanya memiliki rasa yang baru baginya.
  3. Terlalu banyak mengonsumsi garam dapat menambah kerja ginjal menjadi berat. Itulah sebabnya, si kecil dapat menderita hipertensi dan penyakit ginjal saat mulai beranjak dewasa.

Nah, inilah panduan dari Scientific Advisory Committee on Nutrition (SACN) mengenai asupan maksimum garam dalam tubuh si kecil berdasarkan usianya:

  • Usia 0-12 bulan : kurang dari 1 gr (0,4 gr sodium)
  • Usia 1-2 tahun : 2 gr (0,8 gr sodium)
  • Usia 4-6 tahun : 3 gr (1,2 gr sodium)
  • Usia 7-10 tahun : 5 gr (2 gr sodium)
  • Usia 11 tahun ke atas : 6 gr (2,4 gr sodium)

 
baca juga


Dampak Penggunaan Gula

Begitu pula dengan asupan gula bagi si kecil yang ternyata membawa dampak buruk bagi kesehatannya. Akan tetapi, ini tidak berarti si kecil tidak boleh mengonsumsi makanan manis sama sekali karena gula yang dimaksud adalah pemberian gula buatan yang diproduksi melalui proses kimiawi seperti gula pasir dan gula dalam kemasan lainnya.
 

Moms, Ini Dia Alasan Mengapa Menu MPASI Harus Tanpa Gula Dan Garam
source: https://www.eggs.ca/


Konsumsi gula buatan yang diproduksi melalui proses kimia memiliki dampak buruk dan sangat berbahaya bagi kesehatan si kecil, sebab :

  1. Gula diproduksi menggunakan bahan kimia yang dapat berbahaya bagi tubuh bayi
  2. Konsumsi gula berlebih dapat mengakibatkan kerusakan gigi
  3. Kadar gula berlebih dalam darah dapat mengakibatkan melemahnya kekebalan tubuh
  4. Meningkatkan risiko diabetes dan obesitas pada anak.
Untuk itu, gunakanlah bahan-bahan makanan yang memang memiliki rasa manis tanpa harus menambahkan gula. 
 


 

youtube:wAm8SPXcFZ0
source: https://www.youtube.com/watch?v=wAm8SPXcFZ0
Mengapa bayi di bawah 1 tahun tidak boleh diberikan gula dan garam? Ini alasannya!


Nah, itulah beberapa hal penting yang harus kamu tahu mengenai pemberian gula dan garam pada menu MPASI si kecil. Semoga bermanfaat, Moms!