1. Pisang

Kamu pasti sudah familiar kan dengan pemberian pisang untuk bayi sebagai makanan pendamping ASI? Ya, pisang memiliki kandungan nutrisi penting, seperti fosfor, kalium, asam folat dan juga vitamin A yang penting untuk kesehatan serta tumbuh kembang bayi. Untuk penyajiannya, kamu dapat memberikan si kecil dalam bentuk campuran bubur pisang, puree, ataupun diberikan langsung denga mengeruk daging buah pisang. Teksturnya yang lembut sangat cocok untuk menu MPASI pertama bayi. 

source: http://momdadi.com/


 


2. Alpukat 

Selain itu, alpukat juga sangat dianjurkan untuk diberikan pada bayi sebagai salah satu menu MPASI karena kandungan gizi dan nutrisinya yang sangat lengkap. Mulai dari karbohidrat, protein, kalsium, kalori, lemak, zat besi, vitamin A, vitamin B1, Vitamin C dan juga serat. Tidak hanya itu, lemak dalam alpukat juga sangatlah bermanfaat karena termasuk dalam kategori lemak tak jenuh dan lemak sehat oleat (omega-9). Untuk mengonsumsinya, kamu dapat memberikan alpukat dalam bentuk campuran bubur buah dengan ASI perah, puree, atau bahkan dikeruk langsung.
 
source: http://www.solusisehatku.com/


 

baca juga


3. Pir

Meskipun teksturnya relatif keras, buah pir juga sangat dianjurkan untuk diberikan dalam variasi menu MPASI pertama bayi. Beragam kandungan nutrisi seperti fosfor, kalium, kalsium dan vitamin C memiliki manfaat yang sangat penting bagi tubuh. Untuk penyajiannya, kamu perlu untuk mengukusnya terlebih dahuu sebelum nantinya diblender dan disaring. Pastikan pir yang kamu berikan benar-benar lembut dan halus agar lebih mudah dicerna oleh si kecil.

source: http://www.solusisehatku.com/


 


4. Tomat

Tomat ternyata juga termasuk dalam buah yang harus kamu berikan untuk MPASI pertama bayi, lho. Buah ini memiliki kandungan nutrisi penting seperti kalsium, natrium, serat, protein, magnesium, asam folat serta vitamin A. Untuk penyajiannya, kamu dapat membuatkan bubur tomat atau puree tomat agar anak dapat lebih mudah menelannya. 

source: http://www.imgrum.org/


 

baca juga


5. Pepaya

Terakhir, buah yang juga sangat direkomendasikan untuk kamu berikan pada bayi yang baru memulai MPASI adalah pepaya. Nah, pepaya ini sangat bisa diandalkan untuk mengatasi bayi yang mengalami sembelit. Tidak hanya itu, pepaya memiliki banyak sekali kandungan nutrisi penting seperti vitamin A, B1, B2, Vitamin C, Vitamin E serta kandungan serat dan enzim papin yang sangat berguna untuk kesehatan pencernaan bayi. Untuk penyajiannya, kamu dapat membuat bubur pepaya, puree, atau dimakan langsung. Tekstur pepaya yang lembut tidak akan membuat bayi tersedak dan mudah untuk dicerna.
 

source: https://vitasi.net/


Nah, itulah beberapa buah terbaik yang wajib untuk kamu berikan pada si kecil di awal masa MPASI-nya. Semoga bermanfaat, Moms!