Manfaat Musik untuk Kehamilan

Bagi para ibu hamil, mendengarkan musik adalah kegiatan positif yang bisa kamu lakukan untuk mengurangi tekanan ataupun stress selama masa kehamilan. Tidak bisa dipungkiri, ibu hamil sering mengalami cemas dan stress pada masa kehamilan akibat adanya kerja dan perubahan hormon pada tubuhnya. Tentu hal ini sangatlah berbahaya dan berdampak langsung pada kondisi kesehatan janin serta kekuatan kandungan. Bahkan hasil penelitian menunjukan bahwa salah satu penyebab kelahiran prematur adalah tingkat stress ibu saat mengandung. 

 

source: http://www.thehealthsite.com/


Sebaliknya, dengan rutin mendengarkan musik saat hamil, ibu hamil akan secara langsung mendapatkan manfaatnya dengan meminimalkan tingkat stres. Hal ini tentu dapat memengaruhi tubuh ibu yang menjadi lebih positif dalam memfasilitasi lingkungan yang baik untuk tempat tumbuh kembang si kecil. Saat mendengarkan musik, tubuh ibu akan menjadi rileks sehingga mendorong produksi hormon serotonin dan endorfin, yang berperan dalam membuat perasaan bahagia. Hormon ini kemudian juga akan ditransfer ke bayi melalui plasenta. 
 


Manfaat Mendengarkan Musik Saat Hamil Untuk Bayi

Manfaat musik untuk kehamilan tidak hanya dirasakan calon ibu, bayi dalam kandungan juga dapat merasakan manfaat dari musik yang diperdengarkan selama masa kehamilan. Faktanya, pada akhir trimester kedua atau saat kandungan berusia 20 minggu, janin sudah dapat mendengar suara sepenuhnya. Suara- suara yang dapat didengar adalah detak jantung, suara pernapasan, aliran darah, serta suara sistem pencernaan ibu. Bahkan, janin juga bisa mendengar suara-suara yang berada disekitar ibu.
 

source: https://www.huggies.com.au/


Dengan kata lain, dengar memperdengarkan musik, bayi dalam kandungan juga dapat secara langsung menerima manfaat seperti diantaranya :
 

baca juga


1. Mengasah kemampuan belajar dan berperilaku

Dengan membiasakan bayi mendengarkan musik sejak dalam kandungan, kemampuan belajar dan berperilaku si kecil juga akan lebih mudah terasah saat ia tumbuh dan berkembang setelah lahir. Hal ini disebabkan musik dapat merangsang pertumbuhan serta perkembangan struktur otak dan menghubungkan sel-sel di otak menjadi lebih aktif. Dengan kata lain, anak akan menjadi lebih cerdas dalam menangkat informasi baru.
 

source: https://www.curejoy.com/


 


2. Memudahkan bayi untuk tidur

Penelitian yang telah dilakukan menunjukkan bahwa bayi yang lahir dapat mengingat dan mengenali musik yang sebelumnya sering mereka dengar saat masih berada di dalam rahim setidaknya hingga usia mereka memasuki 1 tahun. Dengan begitu, kamu dapat memperdengarkan musik tersebut untuk menidurkan atau menenangkan bayi saat rewel. 
 

 

source: https://www.tinystep.in/


 

baca juga


3. Melatih refleks bayi baru lahir

Dengan membiasakan bayi mendengarkan musik saat dalam kandungan, kamu dapat melatih bayi untuk terbiasa dengan getaran yang dihasilkan dari musik. Tidak hanya itu, bayi akan terlatih juga untuk memberikan respon atau reflek dari musik yang didengarkan.  Dengan begitu, refleks dan gerakan bayi secara keseluruhan akan lebih terlatih.
 

source: https://sg.theasianparent.com/


Nah, itulah beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan dengan membiasakan diri mendengarkan musik saat masa kehamilan. Selamat mencoba, Moms!