Kehamilan 8 Bulan

Memasuki usia kehamilan 8 bulan, kamu akan mendapati berat badanmu akan semakin bertambah. Itulah sebabnya, kamu akan menjadi lebih mudah lelah dan sering merasakan sakit punggung. Tidak hanya itu, rahim kamu juga akan terus berkontraksi dari waktu ke waktu sebagai bentuk persiapan proses kelahiran yang dipersiapkan oleh tubuhmu sendiri. Selain itu, bayi yang semakin membesar dan posisi rahim yang menekan kantung kemih juga akan membuat kamu menjadi lebih sering buang air kecil. Jika hal ini terjadi, pastikan asupan air putih tetap ditingkatkan agar kamu tidak mengalami dehidrasi. 
 

source: http://www.wikiihealth.com


Jika kondisi-kondisi tersebut sudah mulai terjadi, kamu harus mulai mempersiapkan diri untuk proses persalinan yang semakin dekat. Nah, berikut ini adalah daftar hal penting yang harus kamu persiapkan dan periksakan untuk memastikan kandunganmu benar-benar dalam kondisi terbaik untuk proses persalinan :
 


Hal Yang Harus Diperiksakan

Di usia kehamilan 8 bulan ini, ada beberapa risiko yang mengancam, khususnya terkait persalinan dan persiapannya seperti :

  • Pendarahan vagina. Periksa selalu kondisi kandunganmu. Apabila terjadi pendarahan, segera konsultasikan pada dokter.
  • Tekanan darah tinggi. Jangan pernah lupa untuk memeriksa tekanan darah setiap kali ke dokter untuk memastikan persiapan tubuhmu dalam menghadapi persalinan.
  • Preeklampsia. Kenali gejala preeklampsia yang ditandai dengan tingginya kadar protein dalam urin, serta terjadinya bengkak pada area tangan dan wajah.
  • Gatal-gatal. Waspadai gejala gatal-gatal parah yang dapat menjadi tanda adanya gangguan pada organ hati.
  • Kontraksi palsu. Apabila kamu merasakan adanya kontraksi palsu (Braxton Hicks contractions) dengan intensitas tinggi dan terasa menyakitkan, segera konsultasikan diri ke dokter kandungan.
  • Pecah ketuban sebelum waktunya. Hampir 10% ibu hamil mengalami pecah ketuban sebelum waktunya. Kondisi ini ditandai dengan adanya air bening dan tidak berbau yang mengalir di sela-sela paha. Jika hal ini terjadi, segeralah pergi ke rumah sakit atau bidan terdekat untuk melakukan tindakan lebih lanjut.

 

source: http://africanrubiz.org/


 

baca juga


Hal Yang Harus Dipersiapkan

Mengingat usia kandungan 8 bulan adalah saat di mana kamu harus mulai mempersiapkan segala hal terkait dengan persalinan, maka kamu tidak boleh melewatkan daftar hal yang harus dipersiapkn mendekati masa persalinan berikut ini :

  1. Pilih rumah sakit bersalin yang memungkinkan kamu untuk melakukan inisiasi menyusui dini (IMD) dan menempatkan bayi yang baru dilahirkan sekamar dengan sang ibu. Kedua hal ini penting untuk memastikan kebutuhan si kecil terpenuhi mengingat IMD sangat penting untuk memberi kesempatan si kecil mendapatkan kolostrum.
  2. Pelajari dan kenali metode menyusui yang tepat. Carilah informasi sebanyak-banyaknya semua hal seputar menyusui.
  3. Mulai persiapkan satu tas yang lengkap berisi segala kebutuhan yang perlu dibawa ke rumah sakit apabila kontraksi mulai terasa. Barang-barang yang perlu dibawa dalam tas diantaranya adalah :
    - Dokumen lengkap : Kartu Asuransi Kesehatan, Kartu Keluarga
    Breast pads (Bantalan untuk menyerap ASI yang menetes)
    - Baju ganti dan selimut untuk ibu
    - Keperluan pribadi, termasuk pembalut khusus untuk masa nifas
    - Keperluan bayi: pakaian, selimut, popok
    - Perlengkapan menyusui, seperti bantal menyusui, pompa ASI, botol ASI perah, tas pendingin.

 

source: http://enghealthcare.com


Jika kamu ingin menghindari tindakan episiotomi atau sayatan / pengguntingan jalan lahir bayi dan anus untuk memudahkan bayi keluar, cobalah untuk melakukan hal-hal berikut ini secara rutin:

  • Senam kegel yang berfungsi menguatkan otot bawah panggul.
  • Perhatikan asupan nutrisi (vitamin dan serat) yang cukup untuk membuat kulit sehingga dapat mengoptimalkan kemampuan merenggang lebih baik.
  • Kompres area jalan lahir menggunakan handuk hangat menjelang persalinan.
  • Lakukan pemijatan perineum atau bagian diantara jalan lahir dengan anus. 


Nah, itulah beberapa hal penting yang perlu kamu persiapkan saat kandunganmu memasuki usia 8 bulan. Semoga persalinanmu berjalan lancar, Moms!