Moms, si kecil sudah rajin menggosok gigi belum? Atau susah diajak gosok gigi? Kalau Gya, termasuk gampang sih aku sikatin giginya. Tanpa rewel, tanpa drama, tapi kalau kelamaan dia keburu kesel hehe. Suatu hari, disaat dia udah ngantuk banget, aku suruh dia untuk gosok gigi dulu kan sebelum tidur. Cuma mungkin saking ngantuknya, dia nolak gak mau gosok gigi malam itu. Karena dia sebelumnya abis makan wafer coklat, aku pikir masa tidurnya dalam keadaan gigi kotor kan, akhirnya aku paksa dia buat gosok gigi. Dan apa yang terjadi ketika aku paksa-paksa??? DIA MARAH DONG, KESEL, NANGIS, bener-bener nangis gak mau gosok gigi. Aku malah paksain dia terus saking keselnya (duh maafin mama ya, Nak). Alhasil malam itu dia aku nenenin sampai tidur, tanpa gosok gigi terlebih dahulu. Besoknya, dia TRAUMA DONG. Bener-bener gak mau gosok gigi lagi, menghindar terus disaat aku suruh gosok gigi, pokoknya DRAMA BANGET DEH PARAH. Jadi selama beberapa hari dia gak gosok gigi.


Sumber : segiempat.com


Dari situ aku nyesel banget banget udah maksa-maksa dia gosok gigi. Sampe maksa banget aku tuh padahal gak masalah juga kan sekali sekali gak gosok gigi juga, apalagi kalau anak udah ngantuk kan. Duh seandainya waktu bisa diulang, aku tu beneran deh gak bakal paksa Gya waktu itu. Harusnya aku lebih memahami dia karena saat itu posisi dia memang lagi ngantuk berat dan hanya butuh nenen lalu tidur. Bukan butuh dipaksa-paksa gosok gigi. Tapi ya namanya nasi sudah menjadi bubur ya gak bisa diulang, yang perlu aku lakukan adalah mencari solusi gimana caranya supaya anak mau gosok gigi lagi.


Sumber : stockfresh.com 


Nah Moms jangan sampai mengalami hal yang sama kayak aku gini ya, beneran deh, plis jangan paksa-paksa anak untuk gosok gigi. Memaksa apalagi dibarengi dengan marah-marah hanya akan membut anak trauma dan tidak mau lagi gosok gigi. Kalau anak yang biasanya rajin dan mau gosok gigi kemudian tiba-tiba menolak gosok gigi, itu pasti banget kan ada sesuatu. Misal dia ngantuk berat lah, atau dia lagi bad mood lah. Menurut aku gak perlu dipaksa-paksa banget ya moms, sah-sah aja kalau cuma sekali lupa gosok gigi, dari pada dipaksakan dan trauma. Beberapa tips sudah aku coba untuk membuat dia gak trauma gosok gigi, ternyata GAGAL TERUS!!! Berhari-hari gak berhasil, sampe akhirnya aku coba satu tips yang gak disengaja eh ternyata bikin dia mau gosok gigi lagi. AHH beneran bahagia bangeeeettttt aku!!!! Di tulisan berikut nya aku bahas ya satu tips yang ampuh banget mengatasi anak trauma gosok gigi :)