Assalamu'alaykum, moms.

Ini postingan pertama saya di tahun 2018. Berbeda dengan resep-resep sebelumnya yang hampir semua berbahan dasar tepung terigu dan telur, kali ini saya mau share resep sweet dessert. 

Puding Jagung Tanpa Agar-Agar

Kok bisa bikin puding tanpa agar-agar? Iyaa jadi ceritanya waktu saya hamil Akmal, ada acara pisah sambut kepala kantor suami saya di salah satu hotel ternama di kota Manokwari. Kalo saya (dulu) termasuk bumil yang membenarkan bumil boleh makan apa aja sesukanya asal bumil selalu hepi. Setuju nggak? Hehehe. Nahh ada satu dessert yang menggoda saya banget. Puding nya berwarna kuning dengan wadah mika bulat, tanpa vla, rasa jagung, tapi bukan puding seperti biasanya. Ini tuh teksturnya semacam klapertaart yang nggak dioven gituuu pemirsah. Dan serius saya jatuh cinta! Berasa lumer gitu di mulut, enak banget.

Saya penasaran dong yaaa.

Akhirnya berbekal nanya pada mbah Gugel, saya dapatilah itu resep Puding Jagung Tanpa Agar-Agar. Ternyata kuncinya ada di Tepung Custard. Ada yang baru dengar Tepung Custard?

Tepung Custard adalah campuran dari tepung kentang atau bisa juga tepung maizena, susu, kuning telur dan gula halus. Fungsinya juga sama seperti tepung maizena, untuk mengentalkan. Tapi warna yang dihasilkan tepung custard jauh lebih cantik karena membuat adonan menjadi berwarna kuning tua. Kalau di supermarket ada biasanya merk Hercules. Untuk lebih jelasnya bisa digugling aja yaa.

Sekarang resep nya udah banyak banget bertebaran di kukped. Karena saya lupa pakai resep yang mana waktu dulu pernah bikin, jadi sekarang saya ambil resepnya mbak Yana's Office dengan mengganti 1 kaleng jagung dengan 2 buah jagunh manis rebus yang dipipil.

Ayo moms lihat resepnya.



Puding Jagung Custard

Resep by: Yana's Office
Recook by: Ikrimah Muzdalifah

Bahan A:
440 ml santan kental (saya pakai 200 ml santan instan + air sampai 440 ml)
800 ml air matang
200 gram gula pasir (saya 170 gram)
1 kaleng susu kental manis

Bahan B:
250 gram tepung custard
400 ml air matang
1 sdt garam

Bahan Topping
1 kaleng jagung pipil (saya rebus 2 buah jagung manis kemudian dipipil sendiri)
Keju cheddar parut secukupnya (saya skip)

Cara Membuat :



1. Panaskan bahan A sampai gula larut. Dalam wadah lain, campur bahan B.

2. Tuang campuran bahan B ke dalam bahan A secara perlahan sambil diaduk dengan whisk. Ketika akan mendidih, cairan akan mengental. Teruskan sampai tekstur agak padat.

3. Masukkan jagung pipil, aduk rata dan tuang ke dalam cetakan. Taburi keju parut.



Mudah kan, moms? Yuk dicoba.

​​​​​