Berat badan anak yang awalnya normal lalu tiba-tiba menurun tentu membuat orangtua sangat khawatir, terlebih jika turunnya secara drastis. Oleh karena itu, sebaiknya para orangtua mengetahui penyebab berat badan anak turun drastis agar mendapatkan penanganan segera.

Memiliki anak yang sehat tentu menjadi keinginan para orangtua, salah satunya terlihat dengan berat badan anak yang stabil. Lalu, bagaimana jika berat badan anak tiba-tiba turun drastis? Tentu sangat membuat orangtua khawatir, takut ternyata sang buah menderita penyakit tertentu atau lainnya. Untuk mewaspadai hal tersebut, pentingnya para orangtua mengetahui penyebab berat badan anak turun drastis, seperti berikut ini:


 

Gangguan Pencernaan


Gangguan sistem pencernaan menjadi faktor utama penyebab berat badan anak turun drastis, salah satunya adalah Si Kecil mengalami diare yang dapat menyebabkan anak menjadi tidak nafsu makan serta mengeluarkan banyak cairan dalam tubuhnya sehingga membuat berat badannya menurun dengan drastis. Diare pada anak bisa disebabkan oleh beberapa faktor yang berhubungan dengan masalah kebersihan. Oleh karena itu, pentingnya para orangtua untuk selalu menjaga kebersihan lingkungan Si Kecil.

source: https://i.ytimg.com/vi/xEvgG1K83GY/maxresdefault.jpg


 

baca juga

Susu Formula


Apa yang menjadi pertimbangan Ibu saat membeli susu formula untuk sang buah hati? Mungkin ibu sudah membelikan susu formula terbaik dengan harganya yang paling mahal karena dianggap itu yang paling bagus. Padahal susu dengan harga mahal belum tentu baik untuk Si Kecil.

Akan tetapi, pastikan jika kandungan tersebut dapat dicerna oleh pencernaan anak dengan baik, jika tidak maka akan membuat anak kehilangan berat badannya. Ada satu kandungan yang harus ada dalam susu formula dan kadarnya harus tepat, yaitu prebiotik. Ini merupakan kandungan yang dibutuhkan sistem pencernaan. Kandungan ini akan membuat bakteri baik dalam sistem pencernaan berkembang biak.

source: http://perfectnannymatch.com/wp-content/uploads/2013/07/Milk_Child_Girl.jpg


 

Diabetes


Siapa bilang penyakit diabetes hanya dapat menyerang orang dewasa? Anak-anak pun juga dapat terkena diabetes. Sayangnya banyak orangtua yang tidak tahu bahwa anaknya menderita diabetes, sehingga penanganannya seringkali terlambat. Salah satu tanda anak mengalami diabetes adalah berat badan yang terus menurun dan seringkali terlihat lemas.

Berbeda dengan orang dewasa yang kebanyakan terkena DM tipe 2 karena pola makan tak sehat, diabetes yang terjadi pada anak adalah diabetes tipe 1 yang terjadi karena adanya kerusakan sel beta pankreas sehingga tubuhnya tidak mampu memproduksi sendiri insulin.

source: http://fakta.co.id/wp-content/uploads/2017/04/diabetes-anak.jpg

Itulah beberapa penyebab berat badan anak turun drastis yang perlu Ibu ketahui. Jika berat badan anak terus mengalami penurunan, segera periksakan ke dokter agar lebih cepat mendapatkan penanganan.