1. Gendong Anak dan Lihat Kepalanya

Ketika terjatuh dan kepalanya membentur ke lantai, anak pasti meresponnya dengan tangisan yang kencang karena merasakan sakit. Nah, yang harus dilakukan moms adalah segeralah gendong Si kecil dan tenangkan dia. Setelah itu lihat bagian kepalanya dan pastikan apakah ada luka memar, robek, atau berdarah. Tenangkan Si kecil terlebih dahulu dan jika terdapat luka memar atau berdarah, segera bawa Si kecil ke klinik atau rumah sakit terdekat. Namun, jika tidak tenangkan ia sembari mengusap-usap kepala dan berika ia susu. 

source: https://www.thestar.com

2. Berikan Gel atau Minyak Pengempis Bengkak

Panik, takut, dan khawatir sangat wajar dirasakan jika melihat Si kecil terjatuh dengan kepala kepala membentur lantai. Hal tersebut karena kepala merupakan salah satu bagian tubuh yang sangat penting dan berisiko besar jika terbentur sesuatu. Namun, moms harus tenang tapi sigap jika melihat Si kecil terjatuh dengan kepala membentur lantai. Biasanya akibat dari kepala terbentur akan menimbulkan memar atau bengkang di bagian kepala. Pertolongan pertama moms bisa mengoleskan gel penghilang rasa sakit atau minyak gosok yang bisa mengecilkan luka bengkak. Hal ini juga untuk menghindari penyakit anak yang lebih berbahaya. 
 

source: https://sheknows.com
baca juga

3. Kompres dengan Es Batu

Dampak dari kepala yang terbentur biasanya akan menimbulkan gejala yang paling umum adalah benjol atau memar. Pertolongan pertama yang harus moms lakukan adalah mencari letak benjol atau bengkak tersebut, kemudian periksa apakah ada luka pada kepala Si kecil. Jika tidak, segeralah kompres bagian bengkak tersebut dengan es batu secara perlahan agar Si kecil tidak kaget dan kesakitan. Kompres bagian benjol tersebut sekitar 1-2 jam sekali agar rasa sakit sedikit berkurang dan menghindari penyakit anak yang berisiko lainnya. 

source: https://www.ics.uci.edu

4. Beri Obat Penghilang Rasa Sakit 

Jika anak terus menerus menangis karena luka memar akibat kepala terbentur lantai, moms bisa memberikannya obat penghilang rasa sakit atau paracetamol. Namun, yang harus diperhatikan adalah dosis yang sesuai buat anak-anak ya moms. Selain itu, perhatikan juga tingkah anak Si kecil setelah kepalanya terbentur. Apakah Si kecil muntah, susah makan, atau rewel terus menerus, ada baiknya moms segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter. 

source: https://parents.com