1. Posisi Tidur 

Selain masalah hormonal yang dialami bayi, posisi tidur yangtidak berubah-ubah juga dapat memicu masalah pitak pada kepala Si kecil. Hal ini terjadi karena kerontokan akibat gesekan antara rambut si kecil dan bantal atau kasur. Nah, daerah pitak ini juga dapat terbentuk saat bagian kepala bayi sering bergesekan dengan tempat tidur si kecil. Untuk mengatasinya, moms bisa mengganti posisi tidur Si kecil untuk menghindari rambut bayi pitak. 

Kenapa Sih Rambut Bayi Pitak? Ternyata Ini Penyebabnya!
source: https://wtnh.com

2. Infeksi jamur

Saat Si kecil berusia di bawah satu tahun, beberapa masalah kulit memang sering terjadi termasuk rambut bayi pitak. Penyebab lainnya adalah dikarenakan infeksi jamur yang menyerang kulit kepala bayi yang mengakibatkan rambut rontok. Ciri khas yang sering muncul saat Si kecil terserang jenis jamur ini adalah daerah pitak disertai dengan kulit kepala yang kemerahan dan kering bersisik. 

Kenapa Sih Rambut Bayi Pitak? Ternyata Ini Penyebabnya!
source: http://purekids.co.id
baca juga

3.Telogen Effluvium

Telogen effluvium merupakan jenis kebotakan sementara yang terjadi secara mendadak, atau karena sakit tertentu seperti demam. Nah, yang terjadi pada bayi biasanya diakrenakan folikel rambut berhenti tumbuh dan masuk ke fase istirahat. Antara 6 hingga 16 minggu kemudian, rambut mengalami rontok berlebihan, memicu kebotakan sebagian atau keseluruhan. Namun, hal ini tidak bersifat lama, karena nantinya rambut bayi akan tumbuh normal. 

Kenapa Sih Rambut Bayi Pitak? Ternyata Ini Penyebabnya!
source: https://www.seruni.id

4. Alopecia

Alopecia (kebotakan) merupakan kelainan yang terjadi di mana jumlah rambut yang rontok lebih banyak dari rambut yang tumbuh. Alopecia yang hanya terjadi pada sebagian daerah kulit kepala (pitak) disebut alopecia areata, bila terjadi pada seluruh kulit kepala (botak). Nah, gangguan alopecia menyerang sel-sel di dalam folikel rambut yang sedang membentuk rambut baru, yang mengakibatkan folikel tersebut menjadi kecil dan kecepatan produksi rambut  turun  drastis. Untuk mengatasinya sebaiknya moms berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter, agar mengetahui obat apa yang bisa digunakan untuk mengatasi kepitakan pada Si kecil. 

Kenapa Sih Rambut Bayi Pitak? Ternyata Ini Penyebabnya!
source: https://lenterakeluarga.com