Perubahan Mood Bayimu
Salah satu gejala infeksi telinga adalah ketika bayimu menunjukkan perubahan mood ke arah negatif. Jika bayimu menjadi sering gelisah, rewel, tidak tenang, atau lebih sering menangis dibanding biasanya, maka kamu perlu waspada, ladies. Apalagi jika bayimu juga mengalami demam, sinus, ataupun flu, karena infeksi telinga biasanya muncul setelah penyakit tersebut. Beware Beautynesian!

source: http://www.worldsbestbabyproducts.com/the-reaons-babies-cry/


Bayimu Sulit Tidur
Ketika mengalami infeksi telinga, bayi akan merasakan sakit yang lebih besar ketika dibaringkan. Oleh sebab itu, bayi yang mengalami infeksi telinga pasti akan sulit untuk tidur. Jadi, tingkatkan kepekaanmu ya, ladies!

source: http://pregnancyandbaby.com/baby/articles/968053/is-my-baby-fussy-because-of-something-i-ate
baca juga


Bayimu Mengalami Diare atau Muntah
Bayi yang muntah atau mengalami diare atau muntah juga bisa menjadi tanda bahwa bayimu sedang mengalami infeksi telinga. Mengapa? Karena bakteri yang menyebabkan infeksi ini juga dapat mengganggu sistem pencernaan bayimu, lho!

source: http://www.newkidscenter.com/Baby-Throwing-Up-No-Fever.html


Bayimu Sering ‘Menyentuh” Telinganya
Jika bayimu sering memegang, menyentuh, atau menarik-narik telinganya, ia berpotensi sedang mengalami infeksi telinga. But yeah, enggak bisa dipungkiri bahwa aktivitas ini memang kerapkali dilakukan bayi meskipun ia tidak mempunyai infeksi telinga, Jadi, jika bayimu tidak terlihat kesakitan atau menangis sambil menyentuh telinganya, maka bayimu baik-baik saja, dear!

source: http://www.babysense.com/advice-and-tips/why-do-children-get-nightmares-and-night-terrors/
baca juga


Bayimu Kehilangan Nafsu Makan
Gejala lainnya ialah berkurangnya nafsu makan si kecil. Infeksi telinga dapat mengganggu sistem pencernaannya. Selain itu, infeksi satu ini juga bisa membuat bayimu merasakan sakit ketika mengunyah dan menelan. Karena itulah ia akan menunjukkan gejala malas makan. Jadi, jika bayimu hanya sedikit meminum susunya, kamu perlu berhati-hati, ladies!

source: http://www.webmd.com/parenting/baby/baby-feeding-problems-10/slideshow-feeding-problems


Munculya Aroma Tidak Sedap dari Telinga Bayimu
Jika kamu mencium aroma tidak sedap dari telinga bayimu, maka kamu perlu waspada, Beuatynesian! Sebab, hal itu merupakan gejala munculnya infeksi telinga pada bayimu, lho.

source: https://chimneypro.org/troubleshooting-a-smelly-chimney/


Keluarnya Cairan Putih atau Kuning dari Telinga Bayimu
Gejala satu ini memang tidak pasti terjadi pada setiap bayi yang mengalami infekti telinga. Tapi, jika telinga bayimu mengeluarkan cariran berwarna putih atau kuning, maka dapat dipastikan bahwa bayimu terserang infeksi telinga, dear. Kondisi ini juga menandakan bahwa sudah terdapat lubang kecil pada gendang telinga bayimu. So yeah, it’s better to bring your baby to the doctor immediately, ladies!

source: https://www.babycenter.com/0_ear-infections-in-babies_83.bc?showAll=true