Mencegah Infeksi Telinga pada Bayi
Untuk mencegah munculnya infeksi telinga pada bayimu, Beautynesian dapat melakukan beberapa cara berikut ini, yaitu:

  • Memberikan ASI eksklusif kepada bayimu setidaknya selama 6 bulan penuh, karena ASI mengandung zat-zat yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi secara alami. So yeah, breastfeeding your baby is a crucial thing, ladies!
source: https://www.lansinoh.com/en/breastfeeding

 

  • Memberikan bayimu vaksin dan imunisasi secara berkala, karena vaksin dapat mencegah munculnya penyakit yang dapat menyebabkan infeksi telinga, seperti demam, flu, dan sinus.
source: https://www.healthntx.org/index.php/2016/08/22/tips-less-stressful-shot-visit/
baca juga

 

  • Menjauhkan bayimu dari asap rokok, karena menurut berbagai penelitian, anak-anak dengan orang tua yang merokok akan lebih mudah mengidap infeksi telinga dan masalah pendengaran. Perlu kamu ketahui, asap rokok tembakau dapat menurunkan sistem imun bayimu, sehingga membuatnya semakin sulit untuk memerangi infeksi apapun, termasuk infeksi telinga. Oleh sebab itu, pastikan bahwa bayimu tidak berada dalam lingkungan atau ruangan yang berasap rokok ya, ladies. This is a must!
source: http://www.bbc.co.uk/newsbeat/article/31017717/why-doctors-say-smoking-in-pregnancy-is-bad-for-you

 

  • Jangan biarkan bayimu meminum susu atau air dalam kondisi tubuh yang berbaring rata. Ketika tengah meminum sesuatu, posisi kepala bayimu harus berada diatas perutnya, sehingga cairan tersebut tidak akan mengalir dari tuba eustachius ke dalam telinga bagian tengah. Setelah selesai minum, sebaiknya juga tidak langsung dibaringkan ya dear.
source: https://medimetry.com/questions/can-feed-packed-milk-to-two-months-baby/
baca juga

 

  • Meningkatkan sistem imun bayimu. Kamu bisa memberikan bayimu buah-buahan, sayur-mayur, serta seafood yang dapat meningkatkan perkembangan sistem kekebalan tubuh bayimu, sehingga dapat menangkal infeksi jahat di telinganya.
source: http://inhabitat.com/inhabitots/worlds-first-vegetable-based-infant-formula-is-in-the-works/



Mengatasi Infeksi Telinga pada Bayi
Namun, jika bayimu telah mengalami infeksi telinga, kamu bisa mengatasinya dengan melakukan cara berikut ini:

  • Membawa bayimu ke dokter. Cara teraik dalam mengatasi infeksi telinga pada bayimu adalah segera membawanya ke dokter ahli sebelum infeksinya semakin parah. Dokter akan mengetahui pengobatan jenis apa yang paling cocok untuk menyebuhkan bayimu serta obat-obat atau antibiotik yang wajib dikonsumsi bayimu untuk mempercepat penyembuhan. So yeah, bring your baby to the doctor is a wise choice to cure your baby’s ear infection, ladies!
source: http://www.parenting.com/article/ask-dr-sears-natural-earache-relievers

 

  • Melakukan pengobatan alami di rumah. Meskipun membawa bayimu ke dokter adalah cara terbaik dalam mengatasi infeksi telinga pada bayimu, Beautynesian masih dapat melakukan beberapa home remedies atau pengobatan di rumah yang dapat membantu mengurangi rasa sakit yang dialami oleh bayimu. Kamu bisa melakukan beberapa hal, seperti : (1) Meletakkan handuk hangat diatas telinga bayimu selama 10-15 menit sebagai alat kompres sakitnya. (2)Memberikan air dan susu lebih banyak pada bayimu, karena aktivitas menelan dapat membantu membuka tuba eustachius sehingga cairan yang terperangkap dapat mengering/keluar dan rasa sakit yang dialami bayimu dapat berkurang/menghilang. (3) Memberikan beberapa tetes minyak zaitun pada area telinga yang terinfeksi dapat membantu bayimu mengurangi rasa sakitnya, lho.
source: http://www.livestrong.com/article/174596-how-to-wash-a-babys-face/