Halo mom, gimana udah ngerasain fase dimana anak lagi susah-susahnya buat makan belum ? Rasanya pasti bingung bukan ? Sekarang bu'az mau bahas tentang GTM nih kebetulan juga Azka lagi GTM yang kesekian kalinyaa. Bikin pusing bikin bingung jika anak lagi dalam fase ini. Apa yang mom sudah buat untuk anakpun akhirnya tidak dimakan. Dikasih makanan yang lainnya pun susah masuk. Sebagai ibu pasti tidak maukan perut anaknya kosong dan bisa-bisa sakit nantinya. Asupan nutrisi untuk anakpun dapat berkurang yang mengakibatkan berat badan pada anak susah untuk bertambah.

Istilah GTM (gerakan tutup mulut) ini sering digunakan oleh para mom zaman sekarang. Pada gtm ini si anak akan menolak makanan yang akan diberikan oleh mom. Bentuk penolakannya pun berbagai macam. Ada anak yang menolaknya dengan cara tutup mulut disertai menangis, ada pula yang merapatkan mulutnya sambil lari-larian, ada yang menyebur-nyemburkan makanannya serta ada juga yang melepeh-lepehkan makanan yang sudah masuk dimulut.

Banyak mom yang mengeluhkan fase ini pada anak. Banyak penyebab yang dapat mengakibatkan anak mengalami gtm.

1. Sedang Mengalami Tumbuh Gigi


Tumbuh gigi pada anak dapat menyebabkan menurunnya hasrat anak mom untuk makan. Si anak akan merasakan ngilu, sakit, dan malas mengunyah. Untuk mengatasi gtm karena mengalami tumbuh gigi mom bisa memberikan makanan pengganti seperti mashed potato, bubur, oat. Makanan yang lunak sehingga tidak membuat anak mom untuk mengunyah dikarenakan sakit yang dirasakan anak mom saat mengunyah.

2. Bosan Dengan Makanan yang itu-itu Saja


Seperti halnya orang dewasa. Anakpun juga dapat merasakan bosan dengan menu yang diberikannya tidak beragam. Dengan memberikan makanan yang monoton si anak akan merasakan bosan pada makanan tersebut dan mengakibatkan anak malas untuk makan.

3. Sakit


Anak yang sedang mengalami sakit seperti deman, pilek, radang, atau sakit apapun itu pasti nafsu makannya berkurang. Dikarenakan badan anak mom yang tidak fit, mereka lemas akan menyebabkan anak menjadi malas makan. Mereka akan lebih banyak tertidur sehingga mereka merasakan sakitnya berkurang.

4. Tidak Lapar


Jangan memaksakan kehendak mom untuk memberikan makan kepada anak saat jadwal mereka makan tidak teratur. Misal jam 11 siang anak mom minum susu/memakan cemilan dan jam 12 siang waktunya untuk makan siang. Tentunya anak mom merasa belum lapar dan akan menolak makanan yang diberikan mom. Karena minimal jarak untuk memberikan selingan kepada anak maksimal 2 jam sebelum anak mom makan.

5. Trauma


Anak akan merasakan trauma yang mendalam jika dipaksakan/dicekokkan untuk makan oleh mom. Dengan memaksakan anak untuk makan memory mereka akan mengingat perlakuan mom kepadanya dan akibatnya dari perlakuan mom akan membuat anak mom tidak mau makan.

Untuk mengatasi penyebab gtm, mom bisa melakukan :

1. Mengatur jadwal makanan berat dan makanan selingan yang rutin untuk anak. Contoh : memberikan makanan berat 3x sehari dan makanan selingan 2x sehari. Juga anak perlu minum susu (takaran disesuaikan dengan usia anak)
2. Variasikanlah makanan untuk anak dan kreasikanlah dengan menarik.
3. Batasilah pemberikan anak makan tidak lebih dari 30 menit.
4. Ajarkanlah untuk anak makan sendiri, biasanya anak akan senang untuk makan sendiri walaupun berantakan mom harus memakluminya.
5. Berikanlah suasana makan yang menyenangkan. Biasakan anak untuk makan bersama dimeja makan.

Hal yang perlu mom waspadai agar anak tidak gtm.
1. Jangan memaksakan anak untuk harus makan/menghabiskan makanannya.
2. Jangan memarahi anak karena tidak mau makan, apalagi mengancam anak.
3. Janganlah memberikan makan saat anak sedang bermain, nonton tv, berjalan-jalan naik sepeda.

Hal yang perlu diketahui lainnya adalah biasanya sampai pusingnya mom akan memberikan makanan selingan seperti biskuit, susu, memberikan makanan junkfood, ataupun memberikan vitamin penambah nafsu makan. Jika mom memberikan makanan selingan seperti biskuit, susu & junkfood anak mom akan terbiasa dan akan meninggalkan makanan sehat yang mom berikan. Mereka tidak akan mau makan karena terbiasa mom memberikan makanan saat mereka gtm.

Sabar adalah kunci utama untuk menghadapi anak yang sedang mengalami fase gtm. Mom harus siap mental ya. Mom pasti bisa dan kalau bu'az bisa melewati ini pasti mom juga bisa melewati fase ini. 

Semoga bermanfaat 😊


sumber : http://www.idai.or.id/artikel/klinik/asi/gerakan-tutup-mulut-gtm-pada-batita