Infeksi telinga pada bayi memang rentan terjadi pada bayi-bayi. Biasanya, infeksi telinga akan disertai dengan rasa sakit sehingga membuar bayimu rewel dan menangis, bahkan histeris. Tentunya, sebagai seorang ibu, kamu akan merasa tidak tega melihat kondisi bayi mungilmu yang seperti itu dan ingin mengetahui siapakah ‘si nakal’ a.k.a si penyebab infeksi telinga pada bayi.

source: http://www.healthline.com/health/childrens-health/remedies-for-baby-ear-infection


Pada dasarnya, infeksi telinga pada bayi terjadi karena bakteri atau virus yang berkembang pada area di belakang gendang telinga atau di telinga tengah bayimu yang berisi cairan, sehingga membuat telinganya terinfeksi. Biasanya, cairan apapun yang memasuki area tersebut akan cepat mudah keluar melalui saluran eustachius yang menghubungkan telinga tengah dengan bagian belakang hidung dan tenggorokkan. Tetapi, jika saluran ini tersumbat, yang biasanya disebabkan karena bayimu mengalami demam, sinus, pilek, ataupun alergi, maka cairan tersebut akan terperangkap di bagian telinga tengah. Kondisi telinga tengah yang gelap dan berisi air ini kemudian menjadi lokasi perkembangan virus, bakteri, dan kuman, mengingat ketiga hal tersebut sangat mudah bertumbuh pada wilayah yang gelap, hangan, lembab, dan basah. Keberadaan virus, kuman, dan bakteri inilah yang kemudian menginfeksi telinga bayimu. Ketika infeksi itu semakin parah, peradagangan di dalam dan di belakang gendang telinga juga akan semakin memburuk, sehingga akan membuat bayimu merasakan sakit yang ia ekspresikan dengan tangisan yang menyayat hatimu. So yeah, inilah penyebab utama dari infeksi telinga yang dialami bayimu. A lil bit complex, right?

source: http://baby.healthguru.com/video/your-baby-and-the-flu
baca juga
source: https://www.askdrsears.com/topics/health-concerns/childhood-illnesses/clear-babys-nose


Tidak hanya itu, kondisi infeksi telinga pada bayimu juga rentan terjadi dikarenakan oleh bentuk dari saluran eustachius milik bayi. Ketika masih bayi, saluran eustachius bayi tergolong pendek, hanya 1,27 cm, dan berbentuk lurus/horizontal, sehingga cairan disana akan lebih sulit mengalir. Sedangkan, orang dewasa memiliki saluran eustachius yang 3 kali lipat lebih panjang dan menjadi lebih vertikal, sehingga cairan dapat semakin mudah mengalir keluar. So yeah, infeksi telinga pada bayi tidak hanya terjadi karena faktor eksternal, tetapi juga bisa disebabkan oleh faktor internal, mengingat bentuk organ bayimu juga berpengaruh lho, Beautynesian!

source: http://cursoenarm.net/UPTODATE/contents/mobipreview.htm?12/7/12410