Bercak atau Flek Darah (Bleeding)

PMS : Bercak darah akan kamu dapatkan satu ata dua hari sebelum haid. Bercak darah berwarna kecoklatan dan menetes satu atau dua tetes lalu dilanjutkan dengan darah haid yang keluar selama satu minggu.

Kehamilan : Salah satu tanda awal kehamilan adalah pendarahan atau bercak yang berwarna merah muda atau coklat tua. Bercak darah biasanya terjadi sekitar satu atau dua minggu setelah pembuahan. Bercak akan sangat jelas terlihat saat kamu buang air kecil atau disekitar celana dalam. Tidak seperti haid, bercak darah kehamilan hanya berlangsug selama satu atau dua hari lantas berhenti.

source: https://tw.news.yahoo.com

Nyeri Payudara

PMS: Selama masa pre menstrual syndrom, kamu biasanya mengalami nyeri payudara dari tingkatan ringan sampai sangat nyeri. Jaringan payudara akan bergelombang dan padat terutama dibagian luar. Kamu akan merasakan "penuh" dibagian payudara disertai nyeri yang berangsur menghilang saat mendekati waktu haid. Rasa sakit yang berangsur menghilang sebelum dan selama mentruasi disebabkan oleh hormon progesteron yag berangsur turun.

Kehamilan : Pada saat awal kehamilan, payudara kamu akan terasa sakit, penuh dan sensitif saat disentuh. Rasa nyeri pada kehamilan berlangsung lebih lama dari PMS, yaitu sekitar satu atau dua minggu setelah kamu hamil. Rasa nyeri bisa berlangsung lebih lama seiring dengan penngkatan hormon progresteron saat kamu hamil. Payudara kamu uga mungkin akan lebih gelap, biasanya hal ini terjadi saat usia kehamilan 2 bulan.
 

source: http://thewomenstrend.com
baca juga

Mood yang Tidak Karuan

PMS : Moms, saat PMS kita seringkali mudah tersinggung. Kadang, kita bahkan bisa menangis dan seringkali merasa cemas. Gejala ini biasanya hilang setelah kamu mendapatkan mestruasi. Geala ini bisa dikurangi dengan olah raga dan makan bergizi sebelum PMS lho Moms. Namun jika gejala ini berlangsung semakin buruk, sekitar satu atau dua minggu, kemungkinan kamu mengalami depresi. Segera konsultasikan dengan ahlinya ya Moms.

Kehamilan : Saat kamu hamil, mood kamu akan cepat berubah, tiba-tiba kamu merasa sangat bahagia tapi disisi lain kamu juga bisa saja menangis tanpa sebab. Kamu menjadi lebih sensitif selama masa kehamilan. Tapi jika gejala ini menganggu kamu, kemungkinan kamu mengalami depresi saat kehamilan. Segera konsultasikan ke dokter ya Moms.

source: https://sdtimes.com

Cepat Lelah dan Lesu

PMS : Mudah lelah dan lesu sert amasalah gangguan tidur sering terjadi saat anda mengalami PMS. Hal ini teradi karena peningkatan hrmon estrogen dan progestern sebagai persiapan kamu haid. Kamu bisa mengatasinya dengan olah raga yang teratud an mengonsumsi makanan bergizi sebelum PMS.

Kehamilan :  Saat kamu hamil kadar progestero meningkat sehingga kamu akan mudah lelah. Kelelahan bisa lebih terasa pada trimester pertama dan berlangsung terus selama masa kehamilan. Untuk mengatasinya, kamu bisa rutin olah raga ringan dan mengonsumsi makanan kaya gizi.

source: https://huffingtonpost.com
baca juga

Nafsu Makan Meningkat

PMS : PMS serigkali mengubah kebiasaan makan, kamu akan lebih sering menginginkan makanan manis seperti coklat dan karbohidrat atau makanan asin. Kamu jadi sangat rakus dan makan dua kali lebih banyak dari hari-hari biasa.

Kehamilan : Kamu mungkin memiliki keinginan makan yang lebih spesifik, dan tidak tertarik makan beberapa enis makanan yang lain. Selain itu, kamu akan lebih sensitif terhadap aroma tertentu. Hal ini berlangsung terus selama masa kehamilan. Saat hamil, kamu juga bisa mengalami pica atau keinginan untuk mengonsumsi makanan yang tidak ada nilai gizi sama sekali atau bahkan yang bukan makanan, speerti cat, potongan logam atau benda lain. JIka kamu mengalami hal itu segera hubungi dokter ya Moms.

source: http://www.thetruecare.com

Kram Perut

PMS : sehari atau dua hari menjelang mentruasi, kamu biasanya mengalami kram perut atau dysmenorrhea. Rasa nyeri dapat bertambah kemudian mereda seiring masa mentruasi anda berakhir.

Kehamilan : Jika kamu positif hamil, kemungkinan kamu mengaami kram seperti saat nyeri haid, hanya saja lokasi kram berbeda. Kamu akan mengalami kram dibawah perut atau dibelakang punggung. Kondisi ini dapat berlangsung lama dalam hitungan minggu atau bulan. 

source: https://toplevelfit.com

Perut Mual

PMS : Saat PMS, kamu bisa saja mengalami mual terutama saat jadwal kamu sedikit terlambat dari waktu biasanya. 

Kehamilan : Morning sickness adalah salah satu tanda paling klasik dan jelas saat kamu positif hamil. Serangan mual sering dimulai sebulan setelah kamu hamil.  Meski namanya, morning sickness bisa terjadi kapan saja.  Tapi tidak semua wanita mengalami morning sickness.

source: https://addisonmagazine.com