Vitamin A
Mari kita mulai dari bahaya kelebihan vitamin pada anak yang dapat terlihat dengan jelas. Yups, kelebihan konsumsi vitamin A dapat menimbulkan masalah rambut dan kulit. Rambut si kecil akan mengalami kerontokan, sedangkan kulit tubuh dan bibirnya akan menjadi kering, pecah-pecah, mengelupas, serta gatal-gatal. Selain itu, overdosis vitamin A juga dapat membuat si kecil berpotensi mengalami infeksi saluran pernafasan, kerusakan hati, dan ketidaknormalan tulang, serta infeksi. Tidak hanya itu, kelebihan konsumsi vitamin ini juga dapat berbahaya pada janin lho, dimana janin akan mengalami perkembangan yang tidak normal. Enggak disangka ya, ladies.

source: http://www.webmd.com/skin-problems-and-treatments/eczema/ss/slideshow-eczema-overview



Vitamin B
Vitamin B sendiri terdiri atas beberapa bagian, seperti B-3, B-6, dan B-9. Kelebihan vitamin B-3 dapat menimbulkan ruam kulit, mual, penyakit kuning, dan keracunan hati, Selain itu, konsumsi vitamin B-6 yang diatas dosisnya akan membuat si kecil mengalami gangguan pernafasan seperti dyspnea dan bernafas yang terlalu cepat. Di sisi lain, overdosis vitamin B-9 dapat merusak sistem saraf pusat si kecil, lho Mom.

source: https://www.babycenter.com/0_jaundice_89.bc
baca juga



Vitamin C
Next, let’s move on to the Vitamin C. Si kecil yang mengonsumsi vitamin C secara berlebihan akan mengalami gangguan pada saluran pencernaannya, seperti diare, mual, muntah, dan keram perut. Ia juga mungkin mengalami heartburn, yaitu sensasi panad dan perih pada area dada si kecil. Tidak hanya itu, si kecil dapat terlihat semakin rewel karena mangalami sakit kepala dan susah tidur. Bahkan, akibat yang ekstrim, buah hatimu berpotensi mengidap batu ginjal, Beautynesian. You should beware, ladies!

source: http://blog.listentoyourgut.com/help-my-childs-stomach-hurts/



Vitamin D
Konsumsi vitamin D yang berlebihan dapat menyebabkan penimbunan dan penyerapan kalsium yang lebih besar dalam darah atau yang disebut hypercalcemia, yang dapat menyebabkan si kecil merasa mual, tidak nafsu makan, hingga muntah-muntah. Selain itu, si kecil juga dapat mengalami darah tinggi dan masalah pada fungsi ginjalnya. Sadly, they’re not just opinions, ladies!

source: http://www.momjunction.com/articles/loss-of-appetite-in-toddlers_00338352/#gref
baca juga



Vitamin E
Last but not least, kelebihan konsumsi vitamn E juga berbahaya bagi si kecil. Seperti bahaya vitamin lainnya, si kecil akan mengalami mual, diare, sakit kepala, muntah-muntah, dan ruam kulit. Tetapi tidak hanya itu saja, moms. Tubuh si kecil akan menjadi lebih lemah dengan pandangan matanya yang mengabur. Ia juga berpotensi mengalami masalah pada organ reproduksinya (ovarium maupun testis). Bahkan, kelebihan vitamin E dapat membuat si kecil mengalami pendarahan, serta menyebabkan necrotizing enterocolitis yaitu penyakit serius yang dialami bayi, berupa cedera pada permukaan dalam usus. Well, it sounds really scary, but unfortunately, all of them could possibly happen to your little ones, ladies!

source: https://www.askdrsears.com/topics/health-concerns/childhood-illnesses/nosebleeds