Beberapa ahli mengatakan bahwa saat kita mengalami perubahan menjadi ibu, ada perubahan hormon, fisik, dan emosi yang mengorbankan memori atau kemampuan konsentrasi kita dengan berbagai hal yang bersangkutan. Tapi, beberapa ahli mengatakan ini bukan sebuah fase tapi karena persoalan sudut pandang karena saat hamil, kita memikirkan tentang beban baru dalam hidup , yaitu menjadi seorang ibu.

Nah, bahkan ada yang dengan istilah lain yaitu, "mommynesia"  (kok mirip mommyasia ya, hehehe) dan menyimpulkan kondisi pikun dadakan ini disebabkan oleh 4 faktor utama: prioritas akan si kecil, mekanisme untuk melupakan rasa sakit setelah melahirkan, perubahan hormon, dan kelelahan.

                                 

Terlepas dari berbagai argumen karena saya juga tidak pintar-pintar amat dengan bahasa akademis, saya setuju banget kalau memang fase menjadi ibu baru sangat menguras tenaga, pikiran, dan fokus kita tertuju pada bayi. Makanya nggak heran, hal-hal remeh temeh lainnya seperti perkara menaruh dompet dimana, atau kenalan dengan orang baru langsung lupa namanya, itu wajar sewajar-wajarnya terjadi. Jadi ibu-ibu yang sedang mengalami pikun mendadak, jangan kuatir, ini merupakan kondisi wajar dan perlahan saat kondisinya sudah membaik dan stabil, perlahan ingatan kita kembali. 

                                                

Oleh karena itu, sebagai ibu baru maupun ibu lama, salah satu solusi adalah membuat catatan dan kalau perlu kasih tau banyak orang supaya mereka menjadi reminder kita. hehehe. Terlebih, jangan lupa untuk selalu makan (terutama yang bisa membuat kita hepi) dan sering-sering nyolong waktu untuk ME TIME! :)