1. Belum Hamil Setelah Aktif Secara Seksual Selama 1 Tahun

Apabila kamu sudah menikah lebih dari satu tahun dengan kondisi aktif secara seksual, bisa dipastikan kamu perlu berkonsultasi pada dokter mengenai kondisi kesuburan kamu dan pasangan. Kamu juga perlu memeriksakan jadwal berhubungan, apakah saat di masa subur atau tidak. Jika sudah rutin melakukannya di masa subur tapi belum hamil juga, segera konsultasikan pada dokter.
 

Moms, Ini Dia Tanda Kamu dan Pasangan Harus Cek ke Klinik Kesuburan
source: https://marriagemissions.com/


 


2. Tidak Hamil Lagi Setelah Memiliki 1 Anak

Jika kamu sudah berhenti memakai alat kontrasepsi untuk merencanakan anak kedua, tapi belum hamil juga, kamu perlu mengindikasi tanda-tanda infertilitas sekunder. Kondisi ini terjadi pada pasangan yang sudah mempunyai anak pertama namun sulit untuk mempunyai anak yang kedua. Hal tersebut dapat disebabkan karena terjadi infeksi pada pria atau wanita.
 

Moms, Ini Dia Tanda Kamu dan Pasangan Harus Cek ke Klinik Kesuburan
source: https://www.treasures.co.nz/


 

baca juga


3. Wanita Di Atas Usia 35 Tahun

Selanjutnya, khusus untuk wanita di atas usia 35 tahun akan mengalami masalah infertilitas jika memiliki gangguan haid sebelumnya, pernah melakukan kuret, dan menderita infeksi rahim. Jika istri mengalami kasus tersebut sebaiknya segera diperiksakan ke klinik kesuburan.
 

Moms, Ini Dia Tanda Kamu dan Pasangan Harus Cek ke Klinik Kesuburan
source: https://marriagemissions.com/


Pada dasarnya, kehadiran anak memang merupakan hal yang penting dalam kehidupan rumah tangga. Akan tetapi, kondisi yang berbeda dari tiap individu dan pasangan memberikan situasi yang juga tidak sama antara satu pasangan dengan pasangan lain. Untuk memperjuangkannya, kamu perlu untuk mengoptimalkan upaya, salah satunya dengan berkonsultasi pada dokter di klinik kesuburan. Kalaupun hasil pemeriksaan menunjukan bahwa kamu dan pasangan memang tidak subur, carilah solusi dari permasalahan untuk menjaga hubungan dan keharmonisan antara kamu dan pasangan.