1. Beri Makanan dan Minuman yang Cukup

Bayi akan rewel dan sulit tidur jika tidak kenyang. Bahkan, bayi juga akan terbangun apabila merasa lapar. Maka dari itu, berikan ASI atau MPASI yang cukup agar si Kecil dapat tidur dengan mudah. Setelah ASI eksklusif yakni usia 6 bulan, kamu dapat memberinya air putih jika ia memang haus atau tenangkan bayi agar tidur kembali.

source: http://lancarasi.net/tag/ibu-menyusui-demam-bolehkah-menyusui/


 

baca juga

2. Gunakan Pakaian Bayi yang Tepat

Bayi sangat sensitif terhadap tekstur yang kasar. Pakaian yang melekat di badannya yang kurang pas atau bahan yang kasar membat Si Kecil tidak nyaman sehingga bayi enggan tertidur. Untuk itu, pilihlah pakaian bayi yang sesuai ukurannya dan pilihlah produk yang berlisensi misalnya memiliki SNI, itu berarti produk tersebut aman untuk Si Kecil. Pemilihan bahan yang lembut akan membantunya tidur lelap di malam hari.

source: http://weprotestify.com/cara-aman-mencuci-pakaian-bayi/


 

3. Membersihkan Badan Bayi dari Kotor

Kulit bayi sangat sensitif terhadap keringat, debu, dan kotor sehabis makan dan bermain. Hal ini dan dapat membuat alergi sehingga menimbulkan gatal-gatal yang mengganggu tidurnya. Maka sebelum tidur, bersihkan tubuh bayi denggan waslap basah. Jika perlu, beri bedak tabur di area lipatan dan oleskan minyak telon di perut dan punggungnya.

source: http://www.muradimukti.com


 

baca juga

4. Buang Air sebelum Tidur

Celana atau popok basah sangat mengganggu tidur bayi. Maka, sebelum menidurkan bayi, usahakan agar bayi buang air besar (BAB) atau buang air kecil (BAK) sebelum tidur. Dengan mengatur kebiasaan biologis bayi tersebut, makan dijamin tidak akan menyusahkanmu lagi.

source: http://www.suara-islam.com


 

5. Letakkan Bayi dengan Perlahan

Saat bayi tertidur di pangkuan atau ketika ditimang-timang, maka taruhlah bayi ditempat tidur dengan sangat perlahan agar tidak terbangun. Hanya saja, sebelum meletakkannya, pastikan Bunda sudah menyiapan kasur yang benar-benar nyaman buat Si Kecil. Letakkan pula bantal dan guling sebagai penyanggah dan pelindungnya saat tertidur pulas.

source: http://3.bp.blogspot.com/


 

6. Pijat Perlahan Mata Bayi dan Berikan Kecupan

Bayi bisa merasakan kasih-sayang Bunda saat dibelai-belai dan dikecup. Dengan begitu, bayi akan merasa nyaman dan bonding antara ibu dan Si Kecil juga akan bertambah. Saat hendak menidurkan buah hatimu, cobalah memijat lembut kelopak dan alis Si Kecil sembari memberinya kecupan sayang. Perlahan mata bayi akan sayup-sayup lalu tertidur.

source: http://news.wisc.edu/story_images/7389/full_width/Mother_and_baby.jpg?1373378728