Musim hujan nih Moms.  Hampir setiap hari, kalau sudah memasuki senja, maka hujan akan turun.  Dan akan ada saja rengekan dari si kecil untuk minta diajakin main hujan.  Sebenarnya Kamila berani main hujan-hujanan sendiri, tapi terkadang karena hujan diselingi oleh petir, maka ciutlah nyalinya.  Oh iya Moms, saya akan berbagi sedikit tips untuk Mommy yang pingin banget ajak si kecil huja-hujanan.  Tentu tiap anak memiliki daya tahan tubuh yang berbeda ya Moms. Karena itu, sebelum hujan-hujanan, pastikan si kecil sedang dalam kondisi yang fit.

1.  Pastikan kondisi tubuh anak fit
Moms, main hujan-hujanan memang mengasyikan, namun agar terhindar dari flu dan masuk angin, Mommy harus pastikan jika kondisi tubuh si kecil fit.  Apabila anak merasa sedang kelelahan dan kurang fit,  tunda dulu sampai si kecil sehat kembali.    Main hujan-hujanan pada saat kondisi tubuh anak sedang tidak fit akan mengakibatkan sakit yang semakin parah.



2. Jangan hujan-hujanan dibawah air cucuran atap
Saya dulu awalnya jika mengajak Kamila hujan-hujanan, pasti air dari cucuran atap yang akan jadi pilihannya.  Namun ternyata Moms, karena air tersebut berasal dari atap, maka ada kemungkinan air hujan yang mengalir turut serta membawa material kotoran serta benda-benda berbahaya.  Bahkan sempat saya temukan ada kalajengking yang terikut dalam air tersebut.  Untuk itu, pilihlah tempat yang tidak ternaungi.



3.  Dampingi dan perhatikan kondisi cuaca
Moms, tidak selamanya hujan deras selalu diikuti dengan angin kencang dan petir, begitu juga sebaliknya. Saat mengajak anak hujan-hujanan, Mommy haru selalu waspada.  Jangan pernah tinggalkan mereka sendirian saat hujan-hujanan. Dampingi selalu mereka.  Jika cuaca dirasa berubah memburuk, segera sudahi dan bergegas masuk ke rumah


.
4.  Segera basuh dan mandikan anak setelah selesai hujan-hujanan
Hujan-hujanan memang mengasyikan ya Moms.  Tapi jangan terlena hingga terlalu lama.  30 menit adalah waktu yang sudah sangat lama untuk mereka menikmati mandi hujannya.  Segera mandikan anak dengan air hangat dan baluri dengan minyak kayu putih agar mereka tidak kedinginan dan flu.  Kamila kalau selesai hujan-hujanan, biasanya akan minta disuapi makan dan kemudia tidur.  Sepertinya capek dan lapar menyatu ya Moms. hehe….