1. Letakkan Bayi Kamu di Dada Kanan

Saat bayi kamu rewel dan sulit tidur cobalah mendekapnya dan memposisikan bayi di dekat leher atau dada kanan kamu. Biarkan bayi kamu terbungkus selimut sambil menyanyikan lagu. Suara yang masuk melalui dada bercampur dengan detak jantung kamu terasa menenangkan karena terdengar seperti rahim. Nyanyikan lagu kesukaan kamu dengan berbisik sangat pelan sekali dekat dengan telinganya. Si Kecil menyukai ini dan tenang sepenuhnya, dan bahkan tertidur.

source: http://perawatanbayi.com/wp-content/uploads/2016/07/Menenangkan-Bayi-Menangis.jpg


 

baca juga

2. Cari Tahu Penyebabnya dan Bersabarlah

Ketahuilah bahwa anak kamu memiliki alasan sendiri untuk menangis, bahkan jika kamu tidak memahaminya. Kapan pun kamu mengingatkan diri kamu akan hal itu, itu akan membuat kamu lebih bersabar. Tetap tenang, jika kamu marah atau kesal maka bayi akan menangis lagi.

source: http://1.bp.blogspot.com/-F6spoG8YRiE/TjNoacYmm2I/AAAAAAAACas/ZjrdiRhB98E/s1600/bayi%2Brewel.jpg


 

3. Menggendong atau Letakkan dalam Ayunan Bayi

Ambillah kain gendongan dan gendong bayi sambil menepuk-nepuk pundak atau bokong bayi dengan pelan. Atau kamu juga bisa meletakkannya dalam ayunan sambil menggerakkan dengan pelan lalu menyanyikan lagu kesukaan kamu dengan nada lembut. Hal ini juga memungkinkan ayahnya untuk melakukan hal-hal lain pada saat bersamaan.

source: https://images.detik.com/content/2015/12/05/857/thinkstockphotos178071262.jpg


 

baca juga

4. Periksa Celana/Popok Bayi dan Ganti Jika Basah

Bayi akan merasa tidak nyaman ketika celana/popoknya basah. Saat bayi rewel dan susah tidur, periksalah popoknya, barangkali dia habis pipis atau buang air besar sehingga membuatnya tidak nyaman, segera ganti celana/popok bayi yang baru. Bayi akan merasa diperhatikan, bayi akan merasa tenang dan saatnya kamu menidurkannya.

source: http://cdn.moneycrashers.com/wp-content/uploads/2015/07/change-baby-diaper.jpg


 

5. Berikan Mainan dan Bicaralah dengan Suara Gembira

Biasanya bayi akan tenang dan mulai mengunyah mainan dengan senang hati. Saat bayi Anda rewel dan kelelahan, peluk dia erat-erat di atas perut kamu dan menggoyangnya sedikit sambil memegang dot di mulutnya. Ketik bayi merasa nyaman, dalam beberapa saat dia akan tertidur.

source: http://zonamama.com/wp-content/uploads/2015/03/Mainan-Bayi.jpg


 

6. Lakukan Pijatan Lembut pada Bayi

Jika kamu sudah melakukan berbagai cara untuk menidurkan bayi tapi tidak berhasil juga, cobalah memijatnya secara perlahan. Tapi yang harus kamu perhatikan, pijat bayi pada titik-titik tertentu yang dianjurkan dokter kamu. Pijat pada bayi akan menggenyahkan rasa menggigil pada bayi yang membuatnya rewel.

source: http://www.zwitsal.co.id/newsite/wp-content/uploads/2016/02/12883504_M-min.jpg