1. Posisi Telentang

Jika moms jatuh saat hamil dengan posisi telentang ada baiknya memeriksakan bagian kepala terlebih dahulu. Jika kepala moms tidak membentur lantai, artinya tidak akan terjadi hal serius pada bagian kepala kamu. Namun pastikan bagian bokong dan kaki moms saat terjatuh tidak menimbulkan efek yang aneh, seperti nyeri ata bengkak. Jika beberapa hari kemudian rasa sakit akibat jatuh tak kunjung hilang, ada baiknya moms melakukan pemeriksaan lebh lanjut ke dokter. 

Ini Pertolongan Pertama Ketika Moms Jatuh Saat Hamil
source: https://hellosehat.com

2. Posisi Tengkurap

Posisi jatuh saat hamil dengan posisi tengkurap memang agak berisiko dan mengkhawatirkan bagi kondisi Si janin di dalam kandungan, Jika mom mengalami ini pastikan apa yang moms rasakan pertama kali ketika perut berbenturan dengan lantai. Jika moms merasakan sakit yang luar biasa, segera hubungi ambulance untuk membawa moms ke rumah sakit. Namun dalam beberapa kasus, terjatuh dalam posisis tengkurap bisa menyebabkan terlepasnya plasenta dari dinding rahim (solusio plasenta) yang menyebabkan perdarahan pada ibu hamil. 

Ini Pertolongan Pertama Ketika Moms Jatuh Saat Hamil
source: http://nova.grid.id
baca juga

3. Posisi Duduk

Terjatuh dalam posisi duduk membuat seluruh beban tubuh tertumpu pada tulang belakang alis tulang ekor. Dalam kondisi hamil tua atau kandungan sudah membesar, maka akan berisiko menyebabkan ketuban pecah dini. Jika hal ini terjadi maka jalan satu-satunya bayi terpaksa harus segera dilahirkan alias persalinan prematur. 

Ini Pertolongan Pertama Ketika Moms Jatuh Saat Hamil
source: https://self.com

4. Perhatikan Keras atau Tidaknya Benturan

Saat moms terjatuh, rasakan dan perhatikan sekeras apa benturan yang dirasa. Hal ini karena dikhawatirkan akan berisiko berbahaya bagi janin, meskipun di dalam kandungan bayi dilindungi oleh cairan ketuban. Selain itu  rasakan gerakan janin yang ada di dalam kandungan, apakah janin masih bisa bergerak setiap perjamnya atau tidak. Jika janin tidak bergerak dalam beberapa jam, maka sebaiknya moms memeriksakan kondisi janin ke rumah sakit dengan melakukan USG. 

Ini Pertolongan Pertama Ketika Moms Jatuh Saat Hamil
source: http://www.basictutorialonline.com