1. Perhatikan Diet Anak

Diet memainkan peran yang sangat penting, ketika harus membuat anak kamu tidur. Tips terbaik untuk membuat anak tidur di malam hari adalah membatasi untuk memberi makan anak dengan sesuatu yang mengandung kafein sebelum tidur.

source: https://kapanlagi.com


 

2. Buatlah Rutinitas Waktu Tidur

Cara ampuh menidurkan anak yang sulit tidur selanjutnya adalah membuat rutinitas waktu tidur untuk anak. Ini adalah salah satu cara terpenting untuk membuat anak tidur di malam hari. Membuat rutinitas bisa membantu anak mengembangkan kebiasaan tidur pada waktu yang tetap. Kebiasaan ini sangat baik bagi pertumbuhan anak kelak.

source: http://edition.cnn.com/2016/10/31/health/kids-sleep-screens-tech/index.html


 

baca juga

3. Ciptakan Suasana Damai Sebelum Tidur

Jangan biarkan anak mengembangkan kebiasaan melakukan beberapa hal luar biasa sebelum ia beranjak tidur. Sebagai gantinya, bantu dia tidur dalam suasana damai yang bisa membawa ketenangan ke dalam pikirannya. Pada tahap awal, kamu bisa menyanyikan lagu pengantar tidur untuk membantunya tidur.

source: http://soalkamar.com/tag/kamar-tidur/


 

4. Pastikan Tidur yang Nyaman

Ini mungkin yang paling penting dari semua tips untuk membuat anak tidur di malam hari. Anak itu sangat lembut, baik secara fisik maupun emosional. Kamu perlu membantunya mendapatkan tempat tidur yang nyaman untuk tubuhnya. Biarkan dia tidur transisi dengan mainan lembut seperti boneka beruang. Hal ini bisa mengembangkan kebiasaan tidur yang baik yang bisa membantunya tidur sendiri, bahkan tanpa kamu.

source: http://kesehatantubuh-tips.blogspot.com/2016/11/cara-mengatasi-anak-susah-tidur-malam.html


 

baca juga

5. Berada di Sekitar Anak Bahkan Saat Ia Tidur

Hampir semua anak menunjukkan kebiasaan mencari orangtua mereka bahkan saat tertidur. Kamu perlu menjaga anak lebih dekat dengan kamu saat dia tidur sehingga kamu bisa memenuhi kebutuhannya jika dia meminta sesuatu di malam hari.

source: https://www.simplemost.com/new-study-says-putting-kids-to-bed-earlier-is-better-for-moms-sanity/


 

5. Jaga dan Cek Suhu Kamar

Untuk membuat anak tidur dengan nyaman di malam hari, kamu seharusnya tidak membiarkan ruangan menjadi terlalu panas atau terlalu dingin karena bisa mencegah anak tidur dengan nyaman. Jaga suhu tetap normal dan itu bisa menjadi salah satu cara tepat untuk membuat anak tidur tenang di malam hari.

source: http://www.samsung.com/id/discover/home-appliances/tips-menyetel-suhu-ac-yang-pas-untuk-ruangan-agar-nyaman/


 

7. Membuat Sistem Reward pada Anak

Ini adalah salah satu tips paling efektif untuk membuat anak tidur di malam hari. Dorong anak kamu dengan hadiah yang bisa membuatnya tidur pada waktu yang dijadwalkan.

source: http://health.liputan6.com/read/502540/memberikan-hadiah-pada-anak-ketika-berprestasi-salah


 

8. Jangan Pernah Memarahi atau Memukulnya

Memukul anak bisa berbahaya bagi perkembangan selnya. Hal ini bisa menyebabkan dia cemas sehingga anak sulit tidur nyenyak. Ingat, anak membutuhkan tidur yang sangat baik setiap hari, jika tidak, pertumbuhan keseluruhan bisa menjadi masalah.

source: http://kesehatantubuh-tips.blogspot.com/2014/02/bahaya-membentak-anak-memusnahkan-sel-otak.html