1. Pengenalan

Langkah pertama sebelum mengajari bayi berenang adalah memperkenalkan bayi untuk mengenal air di kolam renang terlebih dahulu dengan mengajaknya duduk di pinggiran kolam. Lalu secara bersama-sama memasuki kolam dengan menggendongnya. Setelah itu, cobalah untuk berjalan mundur agar bayi bisa merasakan sensasi bergerak dalam air dan cobalah untuk membantu menggerakan kakinya.
 

source: https://www.washingtonpost.com/national/health-science/at-what-age-should-a-child-learn-to-swim-very-early-may-not-be-best-experts-warn/2014/06/30/24490806-f649-11e3-a606-946fd632f9f1_story.html


 

baca juga

2. Menyelam

Ini adalah langkah yang sangat penting dalam mengajari bayi berenang. Biarkan bayi memegang tanganmu dan tahan dia agar tetap mengapung. Hitunglah sampai tiga “1..2..3..hup!” tetapkan instruksi seperti ini agar bayi ingat dan tau kapan dia bisa mulai menyelam. Mulailah untuk menyelam bersama-sama, perlihatkan padanya bagaimana kamu mengeluarkan nafas lewat mulut lalu perlahan angkat dia atau biarkan akan kakinya menendang dan berenang ke atas permukaan air. Ulangi berkali-kali dengan jeda yang  cukup.
 

source: https://domanmom.com/teach-your-baby-to-swim/


 

3. Lepaskan

Pada tahap ini kamu harus memberikan kepercayaan pada si kecil untuk bisa lepas dari genggaman tanganmu saat di air. Biarkan si kecil merasakan bahwa dia bisa mengapung di permukaan dan di dalam air. Lalu pegang kembali dan ulangi beberapa kali hingga dia terbiasa mengapung. Meskipun pada awalnya pasti akan ada air yang masuk ke mulutnya, tetapi tidak perlu panik, karena si kecil akan mengatasinya dengan sendiri.
 

source: https://www.thebump.com/a/infant-self-rescue-swim-lessons


 

baca juga

4. Berenang Secara Mandiri

Saat bayi mulai nyaman dan percaya diri di dalam air, inilah saat untuk melepaskannya berenang sendiri. Pertama beri dia instruksi “1..2..3..hup!” setelah dia mulai menyelam, pegangi tangannya terlebih dahulu, lalu kamu berjalan mundur secara perlahan dan mulailah lepaskan tanggannya. Jika si kecil tidak sepenuhnya berenang ke arahmu, tarik dia ke arahmu dan kemudian angkat dia keluar dari air. Bayi secara naluriah tahu bagaimana cara berenang. Dia mungkin tidak terbiasa di awal tapi tentu akan menguasainya dengan cepat.

source: http://worldwideswimschool.com/articles/page/2/


 

Itulah 4 tips mengajari bayi berenang dengan aman, selamat mencobanya, ladies!