Beritahu si Kecil Bahwa Sebentar Lagi Ia Masuk Sekolah

Moms, tidak ada kata terlalu dini untuk memberitahu si kecil bahwa sebentar lagi ia akan sekolah. Semenjak orang tua mulai memutuskan si kecil mulai sekolah, maka orang tua bisa mulai berrbicara dengan si kecil. Selain memberitahu si kecil bahwa ia akan sekolah, Moms juga bisa mengumpulkan cerita tentang serunya sekolah. Bacakan cerita tentang sekolah sebelum tidur atau bermain peran tentang sekolah juga bisa menjadi pilihan aktifitas bagi Moms untuk mengenalkan sekolah pada si kecil. 

Oh ya Moms lewat lisan, membentuk kebiasaan si kecil bangun dan mandi pagi juga bisa membuatnya lebih siap saat waktu masuk sekolah nanti. Semoga si kecil tidak kaget dengan rutinitas baru ya Moms!

Beritahu si Kecil Bahwa Sebentar Lagi Ia Masuk Sekolah
source: https://www.brighthorizons.com/-/media/bh/corporate/familyresources/efamilynews461x409/prepare-for-preschool.ashx

Ajaklah si Kecil Mengunjungi Sekolahnya

Sebelum kamu memutuskan sekolah mana yang akan dimasuki si kecil, ada baiknya kamu dan si kecil mengunjungi beberapa sekolah.Banyak sekolah yang mengadakan open house sehingga orang tua dan anak bisa melihat kegiatan apa saja yang dilakukan di sekolah tersebut. Tanyakan pada si kecil sekolah mana yang ia suka, keputusan itu bisa membantu kamu untuk menentukan dimana si kecil bersekolah. 

Setelah mendapatkan sekolah,  Moms dan si Kecil bisa ikut serta jika sekolah mengadakan kegiatan yang bisa diikuti oleh peserta umum. Jika memungkinkan  ajak si kecil mengenal  guru dan calon teman sekolahnya ya Moms. Hal ini bisa membantu si kecil beradaptasi dengan lingkungan baru dan mengatasi rasa takut di hari pertama sekolah. 
Ajaklah si Kecil Mengunjungi Sekolahnya
source: https://img.grouponcdn.com/deal/693PyDZ6fUKfs31BjYSs/5q-1500x900/v1/c700x420.jpg
baca juga

Persiapkan Kemandirian si Kecil Sebelum Masuk Sekolah

Moms, meskipun kelak si kecil didampingi oleh guru sekolahnya, tapi si kecil per;u untuk belajar mandiri. Berikut bab kemandirian yang harus Moms persiapkan :

  • Memakai baju sendiri , Mengambil, memakai dan menyimpan baju sendiri bisa membantu si kecil untuk lebih mandiri. Saat di sekolah nanti, si kecil lebih bertanggung awab terhadap barangnya sendiri maupun peralatan sekolah yang harus di bereskan setelah belajar.
  • Memakai sepatu sendiri. Banyak sekolah yang mengatur siswanya untuk melepas sepatu saat di kelas. Sepatu itu kemudian disusun di rak sepatu. 
  • Makan Sendiri. Beberapa sekolah juga menyediakan cemilan dan makan siang, sehingga mungkin siswa harus bisa makan sendiri
  • Toilet. Persiapkan kemampuan komunikasi anak saat ia ingin buang air kecil atau buang air besar pada guru. Moms bisa mulai toilet training beberapa bulan sebelum si kecil masuk sekolah.
Persiapkan Kemandirian si Kecil Sebelum Masuk Sekolah
source: https://psychologybenefits.files.wordpress.com/2017/09/res-elementary-kids.jpg?w=1200

Ajak si Kecil Belanja Kebutuhan Sekolah

Agar anak lebih semangat dengan sekolah barunya, buatlah segala persiapan tentang skeolah ini lebih menyenangkan Moms. Belanja keperluan sekolah bisa menjadi ajang untuk membuatnya tahu bahwa sekolah adalah aktifitas yang menyenangkan, Si kecil bisa mengenakan tas kesayangan untuk ke sekolah, menggunakan pensil warna bau maupun alat tulis dengan karakter kegemarannya. Belanja kebutuhan sekolah juga bisa melatih si kecil lebih bertanggung jawab atas barang-barangnya Moms. 

Ajak si Kecil Belanja Kebutuhan Sekolah
source: http://siasah.com.my/wp-content/uploads/2015/09/first-day-of-school.jpg
baca juga

Beri si Kecil Dukungan Tanpa Henti Sekaligus Belajar Melepaskan

Selain hal-hal yang bersifat teknis di atas, orang tua juga harus mempersiapkan mental anak. Beri dukungan pada anak dengan kata-kata yang positif bukan dengan ancaman ya Moms, BIarkan anak mempercayai sekolah adalah kegiatan yang menyenangkan dan bukan sesuatu yang menjauhkan dirinya dengan orang tua, Hadirlah pada setiap kesempatan persiapan anak masuk sekolah dengan muka berseri.

Hal penting lainnya adalah persiapkan mental kamu saat melepasnya ke dunia, panjatkan doa pada yang Kuasa agar semua berjalan lancar dan yakinlah bahwa Dia akan menjaga anak kita dimanapun berada.

Beri si Kecil Dukungan Tanpa Henti Sekaligus Belajar Melepaskan
source: http://cdn.skim.gs/images/c_fill,dpr_1.0,f_auto,fl_lossy,h_391,q_auto,w_695/ee27fbzaaoau909uggct/how-to-prepare-your-child-for-a-milestone-grade