Assalamualaikum moms , 

Bagaimana kabar moms semua hari ini? Semoga semangat selalu meski liburan sudah berakhir. Yang kembali bekerja atau kembali beraktivitas mengurus rumah harus tetap selalu menjaga kesehatan yaa. Karena bagaimanapun seorang ibu nggak boleh sakit. Karena apa? Kalo si ibu sudah sakit, bisa keteteran semuanyaaaa hihihihi.

Kali ini saya ingin share resep cemilan yang bisa banget juga dibawa buat bekal sekolah si kecil moms. Sebagai teman ngeteh atau ngopi juga oke. Namanya Martabak Bolu Mini. Dinamakan martabak bolu karena ini adonannya pakai ragi instan moms, hasilnya martabak yang lembut seperti bolu tapi tetap bersarang.

Saya menggunakan cetakan martabak mini 7 lubang, dari bahan teflon yang pasti banyak sekali dijual di pasaran dan harganya juga nggak mahal kok moms. Selain untuk martabak mini, bisa juga digunakan untuk membuat kue lumpur. Menurut saya ini investasi banget moms. Karena jenis cemilan ini bisa banget buat jadi ide jualan moms.

Resepnya punya ci Tintin Rayner yaa selebgram favorit saya pisan. Kunci dari pembuatan martabak ini supaya dapat hasil bersarang adalah loyang yang dipastikan panas. Tandanya sudang panas, ketika adonan dituang akan ada bunyi cess gitu. Jangan lupa juga sebelum menuang adonan, adonan dikeplok-keplok (bahasanya ci Tintin) atau diaduk dengan menghentakkan si whisk supaya udara bisa masuk sebanyak-banyaknya ke dalam adonan, jadi menghasilkan gelembung-gelembung.

Toppingnya moms bisa gunakan apapun sesuai selera yaa. Meises, keju, selai buah, coklat batangan (seperti yang dijual di outlet martabak kekinian), susu kental manis dan kacang. Bebas saja yaa moms. Sekarang yuk kita lihat resepnya...

Martabak Bolu Mini
Resep oleh: Tintin Rayner
Recook oleh: Ikrimah Muzdalifah
​​​​​


Bahan-Bahan :
250 gram terigu protein sedang
50 gram gula pasir halus
15 gram susu bubuk
1/4 sdt baking powder
1/4 sdt garam halus
1/2 sdt ragi instan
300 ml air putih matang
3 butir telur
30 gram gula pasir
25 gram margarin/mentega leleh
3/4 sdt soda kue/baking soda

Topping :
Meises
Keju Parut
Susu Kentak Manis
Black Cookies Crumb
Kacang
Susu Kental Manis

Cara Membuat:

1. Campur jadi satu terigu, baking powder, gula pasir halus, susu bubuk, garam halus lalu masukkan air putih sedikit demi sedikit dan diaduk dengan whisk sambil dikeplok-keplok. Setelah itu masukkan ragi instan, aduk rata dan diamkan selama 30 menit.
2. Kocok di mangkuk terpisah telur dan gula pasir. Masukkan ke dalam adonan terigu. Masukkan juga margarin leleh dan baking soda. Aduk sambil dikeplok-keplok.


3. Panaskan loyang teflonnya ya moms, dengan api kecil saja. Pastikan sudah panas benar. Ketika adonan masuk ada bunyi cess. Masukkan satu sendok sayur adonan lalu ratakan pinggirannya. Pastikan juga sebelum menuang adonan ke cetakan, dikeplok-keplok lagi yaa moms adonannya.

4. Tunggu sampai berlubang-lubang lalu taburi gula pasir dan tutup sampai matang. Angkat martabak lalu olesi dengan margarin/butter dan topping sesuai selera. Cemilan dan bekal enak sudah jadi deh. Lebih hemat jugaaa, kantong mamak amaaan hihihi.



Gimana moms gampang kan membuatnya? Yuk dicoba.


Ini saya pakai topping meises, keju, dan coklat rasa matcha.


Kelihatan tekstur sarangnya kan moms? 😊