Asalamuallaikum Moms,
Saya sempat pusing menghadapi keponakan saya yang tidak mau bergaul dengan teman temannya. Maunya hanya dirumah saja, disekolah pun menyendiri dan di kelas jarang berinteraksi dengan teman temannya serta pasif dalam pelajaran. Ini sangat tidak baik untuk tumbuh kembangnya dia, dan jangan sampai kita terlambat mengetahui penyebabnya. Banyak sebenarnya perebut kebahagiaan anak kita, 5 diantaranya akan kita paparkan ya moms.

1. Tuntutan Akademis
Sekolah dijaman sekarang memang susah ya moms, masuk SD saja dituntut bisa baca. Kalau jaman saya dulu masuk SD senengnya bukan main karena semua yang dipakai dari ujung kaki sampai ujung rambut baru.  Sebaiknya pahami bakat ananda ya moms, agar kita lebih mudah mengarahkan.


2. Orang Tua banyak Aturan
Moms biarkan anak mengeksplore apa saja di sekitar mereka ya moms, biarkan rasa ingin tahu mereka terpuaskan. mulai kurangi kekawatiran dan kurangi kata "Jangan" ya moms. Tetapi ketika anak bereksplorasi tetap harus dalam pengawasan kita ya moms, jika kurang sesuai atau berbahaya juga wajib kita arahkan.


3. Persaingan
Moms pernah tidak membandingkan ananda dengan anak lainnya. Hal ini akan membuat ananda menjadi sedih ya moms, kita bisa menggunakan cara lain agar ananda mencapai achievement nya tanpa harus membandingkannya dengan temannya. Contoh : Kita evaluasi bersama ananda, kesulitan apa yang dialami oleh ananda baik di kelas ataupun di rumah.


4. Perkembangan Teknologi
Dijaman digital ini, memudahkan kita untuk mendekatkan yang jauh dengan digitalisasi.  Tetapi terkadang menjauhkan yang dekat dikarenakan sibuk dengan gadget masing masing. Moms bisa batasi penggunaan Gadget pada ananda dan seluruh anggota keluarga ya moms.


5. Minimnya tatap muka dengan orang tua
Ini banyak terjadi pada para orang tua bekerja, jadi anaknya lebih banyak waktu dengan kakek neneknya ataupun dengan baby sitter nya. Moms kita wajib atur waktu agar waktu tatap muka dengan anak tetap instens ya moms. Contoh : Weekend full buat keluarga tanpa Gadget dan tanpa acara diluar acara keluarga.