1. Meningkatkan Keberanian dan Kepercayaan Diri


Kebanyakan orangtua akan khawatir ketika melepas bayinya di kolam saat diajarkan berenang. Tetapi harus diingat pula bahwa berenang bisa membuat bayimu lebih berani dan percaya diri untuk bermain di dalam maupun sekitar kolam. Hal itu juga berdampak pada pertumbuhannya agar dia jadi anak yang pemberani.

source: https://aquatots.files.wordpress.com/2014/11/1.jpg


 

2. Meningkatkan Fungsi Kognitif


Saat berenang, bayi melakukan gerakan kaki dan tangan secara bersamaan di dalam air. Hal tersebut membuat otak bayi merespon sensasi yang dirasakan dari air juga bagaimana cara menghadapinya. Kegiatan ini tentu saja membantu otak berkembang dan meningkatkan kemampuannya dalam hal membaca, berbicara, cepat tangkap dalam pelajaran, dan kepekaan.

source: http://www.babyswimming.co.uk/


 

baca juga

3. Menjaga Pola Tidur


Manfaat berenang untuk bayi selanjutnya adalah bisa memperbaiki pola tidur bayi. Latihan ekstra ini akan membantu bayimu tidur dalam pola yang teratur dan akan mengurangi resiko si kecil tidur larut malam sehingga membebanimu.

source: http://static.kidspot.com.au


 

4. Meningkatkan Nafsu Makan


Berenang bisa memperbaiki nafsu makan bayi. Dengan latihan yang teratur dan mandi dengan air hangat bisa membuat bayi lapar, jadi pastikan kamu memiliki makanan ringan atau susu setelah mereka selesai berenang.

source: http://www.wholesomebabyfood.momtastic.com


 

baca juga

5. Mengurangi Risiko Tenggelam


Bayi baru lahir dan balita tidak boleh ditinggalkan sendirian saat berada di bak mandi atau kolam renang. Penting untuk diingat bahwa seorang anak dapat tenggelam bahkan dalam air yang dangkal. Untuk anak di bawah usia 1 tahun, yang terbaik adalah melakukan pengawasan dengan menahan tubuhnya. Berlatih berenang juga bisa membantu dalam meningkatkan kesadaran orang tua akan resiko tenggelam pada bayi.

source: http://www.divephotoguide.com