1. Tidak Terbawa Emosi

Kamu harus menghadapi pertengkaran anak-anak dengan kepala dingin. Hindari emosi atau memarahi dengan intonasi tinggi dan memihak ke salah satu dari mereka karena akan membuat salah satu anak merasa tak dibela. hal ini dapat menimbulkan kecemburuan pada salah si adik atau kakak.
 

source: http://www.huffingtonpost.co.uk/carrie-armstrong/alcoholism-dream-your-way-to-recovery_b_3789418.html


 

baca juga

2. Lerai Jika Terjadi Adu Fisik

Terkadang pertengakaran antara kakak dan adik tak luput dari kekerasan fisik, hal ini terjadi karena umur yang tak terlalu jauh sehingga mereka merasa patut untuk menguasai lebih dulu dalam suatu perdebatan. Lerai jika mereka mulai beradu fisik untuk menghindari ada salah satu yang terluka.
 

source: http://blog.childrensdayton.org/page/74/


 

3. Ajari anak untuk bernegosiasi

Setelah melerai, kamu perlu membahas bersama masalah pertengkaran tadi. Apa penyebab pertengkaran tadi, hal ini dapat mengajarkan anakmu bagaimana sikap dalam bernegosiasi dengan kamu sebagai moderatornya. Pada posisi ini, kamu diwajibkan untuk tidak memikah kepada sang kakak maupun adik. Beri arahan agar mereka mendapat solusi.
 

source: http://www.slate.com/articles/life/family/2016/05/game_theory_can_help_parents_win_every_argument_with_their_kids.html


 

baca juga

4. Redam Konflik dengan Mengalihkan Perhatian Anak

Setelah melakukan negosiasi untuk mencairkan suasana anda dapat mengalihkan perhatian mereka hal ini dilakukan agar mereka mampu mengendalikan amarah masing-masing. Memberi pujian karena sudah saling memaafkan satu sama lain juga dapat menghangatkan suasana.
 

source: http://blog.menonlyfamilylawonly.com/blog/archive/2013/07

Itu tadi 4 cara mengatasi kakak adik yang sering bertengkar. Semoga bermanfaat!